30 Ribu Peserta Karnaval Pawai Budaya Semarakkan HUT RI Ke 77 Di Takengon, Aceh Tengah

144

Takengon – Menjadi salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Hut Republik Indonesia ke-77 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggah, mengelar Karnaval dan Pawai Budaya dengan mengusung tema “Karnaval Budaya Nusantara Peringatan HUT Ke-77 di Kota Takengon 2022”.

Tampak turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut, Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar di dampingi Ketua TP PPK Aceh Tengah Puan Ratna, Jajaran Unsur Pimpinan Daerah, Para Kepala OPD, Camat serta diikuti pula oleh para Ketua Organisasi Wanita, di Halaman Kantor Bupati Aceh Tengah, Sabtu (13/08/2022).

Setidaknya diikuti lebih kurang 30 Ribu peserta dari tingkat Taman Kanak-kanak, SD Negeri dan Swasta, Madrasah Aliah Negeri dan Swasta, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Aceh Tengah, semarak dengan menggunakan beraneka ragam pakaian adat dari sejumlah daerah, provinsi dan etnis yang ada di Nusantara, bahkan dimeriahkan juga dengan beragam profesi seperti Dokter, ASN, Guru, TNI, Polri, Petani, pakaian modifikasi, dan beraneka kreativitas yang tampak luar biasa.

Tak ayal Karnaval dan Pawai Budaya yang di lepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si, tersebut, memukau Ribuan penonton baik warga Kota Takengon bahkan dari Kabupaten Tetangga, yang ikut datang menyaksikan berbondong-bondong berdiri berjejer di pinggir jalan protokol Kota Takengon, walaupun matahari bersinar terik namun masyarakat tidak beranjak menyaksikan hingga karnaval usai berlangsung.

Ditemui saat Karnaval dan Pawai Budaya Berlangsung, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggah, Drs.Uswatuddin, M.AP selaku Ketua Panitia Pelaksana, menyampaikan, Penyelenggaraan Karnaval Budaya Nusantara memperingati HUT RI Ke-77 Kota Takengon tahun 2022 diharapkan mampu menjaga kelestarian budaya Nusantara, persatuan dan kesatuan serta memotivasi semangat keberagaman Budaya dikalangan generasi penerus Bangsa.

“Kegiatan ini menampilkan keanekaragaman budaya Nusantara yang berada dalam Kabupaten Aceh Tengah yang di sajikan dengan bentuk pawal, yang didukung oleh siswa/siswi se-Kabupaten Aceh Tengah dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajat”, Ungkap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggah.

“Selanjutnya kita berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada generasi muda untuk lebih mengenal keberagaman budaya dan kearifan lokal terlebih Budaya Gayo, melestarikan ragam budaya Nusantara di Kabupaten Aceh Tengah, memperkenalkan kearifan ragam budaya Nusantara, sarana promosi budaya dan pariwisata dan meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman etnis untuk membangun di Kabupaten Aceh Tengah”, Terang Uswatuddin Lebih lanjut.

Untuk diketahui, Rute Karnaval di mulai dari Lapangan Gelengang Musara Alun, JI. Yos Sudarso sebagai titik awal berkumpul peserta, selanjutnya melintasi Kantor Bupati Aceh Tengah, Jl. Nurdin Sufi, menuju Jl. Lebe Kader, JI.Sengeda, JI. H.M. Hasan Gayo kembali ke Jl. Lebe Kader dari Arah Simpang Wariji, lanjut ke Jl. Yos Sudarso dan Finish di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon dan kembali ke titik Kumpul Awal di Lapangan Gelengang Musara Alun.

Usai menyaksikan langsung Karnaval dan Pawai Budaya tersebut, Bupati Drs Shabela Abubakar, menyampaikan bahwa selain untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, event ini juga menjadi sarana dalam memperkenalkan budaya Aceh Tengah dan Nusantara dengan budaya yang luar biasa, yang merupakan potensi kita dalam memajukan Daerah yang juga merupakan Daerah tujuan Wisata baik Domestik maupun Luar, Tegas Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar ditemui di Ruang Kerjanya. (HMA/ProkopimAT)

X