50 Guru di Aceh Tengah Ikuti Bimtek Revitalisasi Bahasa Gayo

63

Takengon – Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah Drs. H. Mursyid, M.Si secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Gayo untuk Tunas Bahasa Ibu di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah, Senin (24/6).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini diikuti sebanyak 50 Guru SD/MI dan SMP/MTS dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 24 – 26 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Mursyid mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen bersama guna melestarikan bahasa Gayo ditengah globalisasi yang semakin kuat.

“Kegiatan ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa daerah, khususnya bahasa Gayo ditengah arus Globalisasi yang semakin kuat” kata Mursyid membacakan sambutan Pj. Bupati Aceh Tengah.

Kemudian, dirinya berharap agar para Guru Utama mendapatkan bekal dan mengamalkan atau mengajarkan Bahasa Gayo kepada generasi penerus dengan metode yang menyenangkan.

“Kita berharap para Guru Utama dapat memperoleh bekal yang cukup untuk mengajarkan bahasa Gayo kepada generasi muda dengan metode yang efektif dan menyenangkan, karena mereka akan menjadi garda terdepan dalam upaya melestarikan Bahasa Gayo dikalangan generasi muda” harap Mursyid.

Sebelumnya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh Drs. Umar Solikhan, M.Hum mengatakan revitalisasi bahasa daerah perlu dilakukan mengingat 718 bahasa Daerah di Indonesia, sebagian besar kondisinya terancam punah dan kritis. 

“Saat ini para penutur jati bahasa daerah banyak yang tidak lagi menggunakan dan mewariskan bahasa ke generasi berikutnya, sehingga khazanah kekayaan budaya, pemikiran dan pengetahuan akan bahasa daerah terancam punah” kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh tersebut.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Rapat Koordinasi dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Revitalisasi Bahasa Daerah Aceh dan Gayo yang telah dilaksanakan pada 5 – 8 Maret 2024 yang lalu di Hotel Hermes, Banda Aceh.

Adapun yang menjadi Narasumber dan Pemateri pada kegiatan ini adalah Zakaria, S.Pd, Mustafa, S.Pd, Azman, S.S, MA, Dr. Salman Yoga, M.Ag, Dr. Indra, M.Pd dan Hasrin Z. Bersah, SH. (DPM/ProkopimAT)

X