Aceh Tengah laksanakan wisata Edukasi

111

Semarang – Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dan sejumlah Camat mengadakan studi komparatif ke Kabupaten Semarang, Senin, 14/10/2019 dan diterima langsung oleh Bupati Semarang, Mundjirin.

Shabela Abubakar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan studi komparatif bertujuan agar dapat membandingkan pengembangan kopi robusta yang ada di Semarang dengan Kabupaten Aceh Tengah karena dibeberapa wilayah Aceh Tengah memiliki ketinggian yang baik untuk kopi robusta.

Menurut Shabela kawasan Aceh Tengah terkenal dengan kopi Arabika sebagai produk unggulan, namun sebagian besar masih berupa hutan lindung dan taman buru, sehingga untuk ekstensifikasi atau perluasan lahan masih terkendala.

Sementara untuk pengembangan kopi robusta cukup banyak lahan yang tersedia.

Shabela berharap hasil kunjungan ini dapat diterapkan terutama dalam hal mengelola kampung wisata kopi yang mampu menarik kunjungan wisata kopi di Kabupaten Aceh Tengah.

Selanjutnya rombongan wisata edukasi kopi ini berkunjung ke salah satu Gapoktan di dusun kopi Sirap Desa Kelurahan Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Senin 14/10/19.

Pemilihan Dusun Sirap sebagai lokasi kunjungan karena kawasan perkebunan kopi robusta ini dianggap mampu mengelola lahan perkebunan sebagai salah satu objek wisata edukasi bagi para masyarakat yang ingin mengetahui proses pembibitan, pengolahan dan pemasaran kopi robusta.

Walaupun kawasan wilayah yang ditanami kopi hanya seluas 200 hektar dan bukan sebagai produk unggulan di daerah Semarang, namun berkat pengelolaan yang baik mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.