Aceh Tengah Optimalkan Sensus Penduduk Online 2020

65

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengoptimalkan pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020 yang berakhir 31 Maret mendatang dengan menggerakkan seluruh ASN untuk berpartisipasi aktif.

Komitmen tersebut mengemuka dalam rapat koordinasi yang digelar oleh BPS Aceh Tengah, Selasa (25/02/2020) di Oproom Setdakab setempat. Pertemuan tersebut dihadiri oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para pemangku kepentingan lainnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Mursyid dalam kapasitas mewakili Bupati Aceh Tengah, menegaskan dukungan dari seluruh ASN merupakan keniscayaan sebagai aparatur pemerintah.

“ASN adalah aparatur pemerintah yang punya kewajiban untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk terutama tahapan pengisian online,” ungkapnya.

Mursyid juga menegaskan agar seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah hingga jajaran pemerintahan terendah di tingkat Dusun untuk melakukan sosialisasi dan berperan aktif mengajak jajaran masing-masing serta masyarakat di wilayah tugasnya untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Sementara Kepala BPS Aceh Tengah, Bahruddin menyebutkan langkah berikutnya yang akan dilakukan berkomunikasi intens dengan Kepala OPD untuk melakukan pendampingan pengisian sensus Online di masing-masing kantor OPD.

“Petugas kita akan selalu siap untuk melakukaan pendampingan ke kantor-kantor OPD dan juga kampung-kampung yang kesulitan untuk melakukan pengisian sensus,” ujar Bahruddin.

Potensi ASN sangat besar untuk mendukung optimalnya sensus penduduk online, sebab menurut Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, total jumlah ASN Aceh Tengah saat ini 5.396 jiwa yang dominan telah berkeluarga.

“Jika seluruh ASN berpartisipasi aktif dilingkungan keluarga, kantor dan tetangga, maka hasil sensus penduduk online di Aceh Tengah akan sangat optimal,” demikian Mustafa. (*)