Aceh Tengah Raih Penghargaan Destinasi Belanja Terpopuler Kampung Kerawang Gayo Pada API Award 2020

263

Labuan Bajo, NTT – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020, kategori destinasi belanja terpopuler untuk kampung Kerawang Gayo Bebesen, Kamis (20/5/2021).

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Kerjasama Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI, Daulat P. Silitonga, yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP, M.Si.

Kerawang Gayo sendiri telah diakui menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2014 silam, dan Kampung Kerawang Gayo Bebesen selama ini telah menjadi pusat pengrajin dan penjualan kerajinan, maupun cinderamata bermotif Kerawang Gayo yang menjadi salah satu daya tarik para wisatawan ke dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Sekda Aceh Tengah, Subhandhy pada saat menerima penghargaan mewakili Bupati Aceh Tengah, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, para pengrajin, serta stakeholder terkait dan terkhusus kepada Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Aceh tengah dibawah binaan Ibu Puan Ratna.

Mengingat selama ini telah membina para pengrajin dan mempromosikan Kerawang Gayo pada setiap event Nasional maupun International hingga kampung kerawang Gayo Bebesen meraih pencapaian ini.

“Alhamdulillah kita mendapat juara pada kategori belanja terpopuler, kampung kerawang Gayo Bebesen. Kita berharap agar Kerawang Gayo semakin dikenal oleh masyarakat luas, wisatawan lokal maupun luar Negeri” sebut Subhandhy.

API award yang merupakan kegiatan pemberian penghargaan oleh kemenpar RI kepada daerah dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, tahun ini diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kampung kerawang Gayo Bebesen Kabupaten Aceh Tengah meraih juara 2 untuk kategori destinasi Belanja Terpopuler, pada ajang tersebut.

“Kita tak boleh lantas puas, ini menjadi penyemangat para pelaku ekonomi khususnya pengrajin kerawang Gayo untuk terus lebih kreatif mengembangkan kerajinan bermotif kerawang Gayo” tutup Subhandhy. (Mik/Humas)