Anggota MKKS Tingkat SMP Aceh Tengah Ikuti Studi Tiru Mancanegara

125

Kuala Lumpur – Berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional Pasal 44 ayat (1) yang mengamanatkan, bahwa Pemerintah Wajib membina dan mengambangkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu, dalam upaya pelaksanaan pengembangan karir dan sistim pengelolaan sekolah di setiap satuan pendidikan utamanya di Kabupaten Aceh Tengah, Kelompok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP Kabupaten Aceh Tengah, bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, mengadakan kegiatan Studi Tiru Luar Negeri.

Menjejakan kaki di Negeri Jiran Malaysia, Rombongan MKKS Aceh Tengah, yang diketuai oleh, Drs. Irwandi, yang juga Kepala SMP 31, Wih Hilang, Kecamatan Pegasing Aceh Tengah ini, menjadikan Sekolah Menengah Kebangsaan Seri Mulia sebagai lokasi sasaran Studi Tiru Luar Negeri kali ini.

Disambut hangat, Pengetua (Kepala Sekolah) Puan. Hajah Sapura Binti Amat, Penolong Kanan kukurikulum (Wakil kurikulum) En. Jafri Bin Mohd Yusof, Penolong Kanan Hal Ehwal Pelajar (Wakil Pengajaran) Puan. Rosmiyati Bt Abdullah Syukor, dan Penolong Kanan Kokurikulum, En. Shaharudin Bin Yusof, Sekolah Menengah Kebangsaan atau disebut juga Sekolah Kerajaan, dengan Moto Berilmu Berwawasan Beretika, bertempat di Jalan Budiman 19, Taman Mulia, Bandar Tun Razak, Kuala Lumpur, Malaysia pada Selasa (29/11/2022).

Ketua MKKS Aceh Tengah, Drs. Irwandi, mengungkapkan, Melalui pelaksanaan Program Studi Tiru ini, kiranya dapat meningkatkan Peranan Aktif dan tingginya inovasi kepekaan Kepala sekolah terhadap perkembangan pendidikan di sekolah yang menjadi tanggung jawabnya juga merupakan motivasi untuk meningkatkan kompetensi diri dan kualitas Pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat dalam meningkatkan kompetensi serta menentukan kebijakan dan dalam pengelolaan sekolah, dan juga merupakan barometer untuk mengetahui kelemahan dalam menentukan kebijakan sebagai Kepala sekolah dan melakukan perbaikan terutama dalam memberdayakn potensi yang ada pada sekolah dalam mencapai prestasi pendidikan sesuai harapan, di masa yang akan datang”, Harapnya.

Didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah, Muslim MY, S.Pd beserta 25 orang Kepala sekolah yang tergabung dalam Rombongan study tiru MKKS Aceh Tengah, dalam Kesempatan tersebut mengunakan kombinasi hasil kunjungan sesuai dengan topik tiru, diantaranya, mengunakan metode interaktif, diskusi, interaksi langsung dan pleno akhir.

Secara terpisah, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, Muslim merekomendasikan hasil dari studi tiru dalam meningkatkan mutu program MKKS agar, dapat secara konsisten dan berupaya merealisasikan pelaksanaan program sebagaimana di dapatkan dari sekolah tujuan study tiru dalam kesempatan ini dari Sekolah Menengah Kebangsaan Seri Mulia Malaysia.

“Kepada para kepala sekolah peserta study tiru tersebut, agar dapat berbenah untuk meningkatkan profesionalisme dalam miningkatkan kinerjan nya sekembalinya ke tempat tugas di Kabupaten Aceh Tengah”, Pungkasnya.

Turut serta, dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi Kepala Sekolah tingkat SMP se Kabupaten Aceh Tengah yang berlangsung dari tangal 27 November hingga 2 Desember 2022, dengan agenda tujuan Negara Malaysia dan Thailand, ini diikuti setidaknya 28 peserta, diantaranya bertindak sebagai ketua pengurus MKKS, Drs. Irwandi, Wakil ketua, Riduansyah, M.Pd, Sekretaris, Helmi, S.si, Bendahara Mardhiah S.Pd, dan sebagai peserta rombongan para Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X