Aparat Kampung Kecamatan Linge Dilatih Cara Menggunakan Aplikasi Dukcapil Kita

69

Takengon – Aparat Kampung di Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah mendapatkan pelatihan cara menggunakan aplikasi Dukcapil Kita untuk melakukan pendaftaran online Administrasi Kepandudukan (Adminduk), Senin (08/08/2022).

Pelatihan yang berlangsung sehari tersebut merupakan inisiatif Camat Linge, Win Akbar yang menilai pentingnya melakukan optimalisasi pelayanan Adminduk di wilayahnya.

“Linge adalah kecamatan yang paling luas di Aceh Tengah, penduduknya pun tersebar, jarak antar kampung juga relatif jauh, karena itu perlu upaya untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus serta mendapatkan dokumen kependudukan,” ungkap Win Akbar.

Melalui pelatihan bagi aparat kampung tersebut pihaknya mengharapkan ada Petugas Registrasi Kampung (PRK) yang membantu masyarakat di kampungnya masing-masing terhadap kebutuhan Adminduk.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa kamal mengapresiasi inisiatif dari Camat Linge yang punya perhatian lebih terhadap pentingnya fasilitasi pelayanan Adminduk di Kampung.

Menurutnya, setiap kampung yang telah mampu mengelola dan memfasilitasi kebutuhan Adminduk akan meningkatkan cakupan dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya dokumen kependudukan.

Hal tersebut sejalan dengan program skala kabupaten Disdukcapil berwujud Kampung Sadar Adminduk (Kaminduk), yaitu kampung yang sudah mampu memfasilitasi warganya untuk mengurus dan meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan.

“Saat ini total Kaminduk di Aceh Tengah mencapai 85 kampung, dan di Kacamatan Linge baru terdapat dua kampung, yaitu kampung Lumut dan Kampung Gemboyah, kita harapkan melalui pelatihan ini jumlah Kaminduk di Kecamatan Linge akan bertambah,” sebut Mustafa

Pelatihan bagi aparat Kampung di Kecamatan Linge kali ini diikuti oleh Reje dan Banta dari 26 Kampung di Kecamatan Linge, dengan narasumber Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data, Anhar dan Operator SIAK, Musliman. (*)

X