Asisten 2 Buka Pelatihan Budidaya Jahe Merah Bagi Kelompok Tani Renah Rembune

304

Takengon – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah Harun Manzola, SE, MM membuka secara resmi kegiatan pelatihan Budidaya Jahe Merah bagi Kelompok Tani Renah Rembune Kampung Rebegedung, Kecamatan Silih Nara di Aula Hotel Grand Bayu Hill, Kamis (15/9).

Pelatihan Budidaya Jahe Merah ini merupakan bantuan program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) PT. PLN Persero kepada Kelompok Tani Renah Rembune yang diserahkan langsung oleh pihak PT. PLN Erwin Purnowo kepada Ketua Kelompok Tani tersebut.

Kemudian, Asisten 2 Setdakab Aceh Tengah dalam sambutannya menyarankan agar bagaimana Jahe Merah ini tidak hanya sebatas ditanam dan dipanen saja, akan tetapi alangkah baiknya Tananaman Jahe Merah ini bisa dikelola sendiri oleh Kelompok Tani tersebut.

“Kami menyarankan agar tanaman Jahe Merah ini baiknya diolah sendiri tidak hanya sebatas ditanam dan dipanen saja dan alangkah baiknya Jahe yang akan dibudidaya ini merupakan Jahe Merah Organik dan promosinya agar lebih gencar lagi supaya masyarakat luas bisa mengetahui bahwa Tanaman Jahe Merah yang dikelola Kelompok Tani Renah Rembune ini merupakan Jahe Merah Organik” saran Harun Manzola.

Harun juga berharap semoga dengan diadakannya pelatihan ini, para pserta dapat mengaplikasikannya didalam kehidupan sehari-hari juga tentunya dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Semoga dengan diadakannya pelatihan Budidaya Jahe Merah ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan masing-masing sehingga dapat bermanfaat dan juga bisa meningkatkan pendapatan baik bagi individu maupun Kampung” harap Harun.

Sementara itu, Erwin Purnowo selaku penanggung jawab TJSL PT. PLN mengatakan dalam sambutannya bahwa pihak PLN dan Kelompok Tani Renah Rembune bisa selaras untuk mendukung UMKM di Kampung Rebegedung.

“Kami tentunya berharap agar seluruh anggota Kelompok Tani Renah Rembune bisa selaras dan sejalan dengan kami dari pihak PT. PLN agar pemanfaatan program TJSL ini bisa dirasakan manfaatnya” harap Erwin.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat Silih Nara Darmawi, unsur Forkopimcam Silih Nara, Mukim Silih Nara, Reje Kampung Rebegedung dan Narasumber.

Adapun Narasumber dari kegiatan Pelatihan ini ada 4 orang dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah dan para peserta sebanyak 20 peserta dari Kelompok Tani Renah Rembune yang mengikuti pelatihan ini selama 1 hari penuh. (DPM/ProkopimAT)

X