Bahagianya Keluarga Penyandang Disabilitas di Simpang Kelaping Saat Terima E-KTP

58

Takengon – Keluarga 3 (tiga) penyandang Disabilitas di Kampung Simpang Kelaping Kecamatan Pegasing mengungkapkan rasa bahagia saat menerima E-KTP dari petugas Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Rabu (12/02/2020).

Mewakili pihak keluarga, Sara Turiang (59) mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dengan upaya yang dilakukan oleh petugas Dinas Dukcapil.

“Waktu ramai-ramainya perekaman KTP tahun 2012 lalu kami sudah minta untuk dibantu, namun mungkin karena keterbatasan yang ada sehingga baru bisa terlaksana sekarang,” ungkapnya.

Sara mengharapkan layanan kependudukan untuk penyandang disabilitas agar terus dilakukan, karena menurutnya masih relatif ada penyandang disabilitas lain yang belum memiliki identitas seperti yang dialami oleh keluarganya.

Merespon harapan dari pihak keluarga tersebut, Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal menegaskan bahwa upaya pelayanan keliling akan terus dilakukan pihaknya sebagaimana perintah dari Bupati Aceh Tengah.

“Pengalaman selama ini masyarakat adalah sumber informasi utama kami, maka diharapkan kalau ada anggota keluarga atau tetangga yang belum punya E-KTP karena sakit atau berkebutuhan khusus agar melaporkan ke Dinas Dukcapil,” jelas Mustafa.

Selama ini menurutnya, laporan masyarakat lebih banyak diterima melalui media Sosial Fan Page Facebook Disdukcapil Aceh Tengah dan Instagram @dukcapilkita.

“Dalam waktu dekat kita juga akan segera mengaktifkan layanan Call Center, Whatsapp dan aplikasi pendaftaran online sehingga lebih banyak pintu akses bagi masyarakat, dengan demikian tidak harus datang ke kantor,” demikian Mustafa. (*)