Berikut Rangkaian Acara Peringatan HUT ke 443 Kota Takengon

32

Takengon – Menyambut Ulang Tahun ke 443 Kota Takengon, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah menyusun rangkaian agenda untuk merayakan ultah yang di peruntukan bagi warga Kabupaten Aceh Tengah dan sekitarnya.

Ada delapan rangkaian acara yang telah dan akan digelar di daerah ini, perayaan ulang tahun ini digelar dengan melibatkan segenap elemen masyarakat, dan tokoh adat Gayo.

Kegiatan perayaan HUT Ke-443 Kota Takengon diawali dengan prosesi “Munirin Reje” pada tanggal 17 Februari yang di helat di kawasan Kelitu Danau Laut Tawar dan direncanakan akan ditutup dengan malam resepsi pada bulan Maret bertempat di Gedung Olah Seni Takengon.

Bupati Aceh Tengah mengemukakan prosesi Munirin Reje dipilih untuk membuka rangkaian acara HUT Kota Takengon karena memiliki filosofi yang dalam.

“Tradisi munirin reje ini bermakna bahwa kami selaku ulu rintah Kabupaten Aceh Tengah menyampaikan pertanggungjawaban kepada masyarakat mengenai tugas dan tanggung jawab kami selama satu tahun, sehingga di tahun berikutnya dapat melanjutkan tugas dengan baik”, tegas Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar dalam arahannya pada Upacara Peringatan HUT Kute Takengon ke 443 di lapangan Setdakab Aceh Tengah, Takengon (17/02).

Selain Sidang Paripurna yang sudah menjadi agenda rutin disetiap perayaan HUT Kota Takengon, juga akan dilaksanakan Pawai Budaya yang menampilkan atraksi dan pakaian adat oleh pelajar juga akan digelar dalam bentuk karnaval, seperti tahun sebelumnya, karnaval tersebut akan di gelar pada tanggal 18 Februari dengan melintasi jalan utama di kota Takengon yang dimulai dari Lapangan Musara Alun Takengon.

Rangkaian acara lainnya yang akan di gelar yakni Marathon 10K bagi pelajar pada tanggal 24 Februari 2020 dan perhelatan Pacuan Kuda Tradisional yang dirangkai dengan Pameran Pembangunan mulai tanggal 24 Februari sampai dengan 01 Maret 2020 di lapangan H.M. Hasan Gayo, Belang Bebangka Pegasing, setelah pada Sabtu (15/02) sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Operasi Bibir Sumbing Gratis bagi 22 masyarakat kurang mampu bertempat di RSUD Datu Beru Takengon.

Peringatan HUT Kota Takengon pada Tahun ini mengambil tema “Melalui Peringatan HUT Ke 443 Kota Takengon, Mari Satukan Langkah Menuju Masyarakat Islami”. (IMH/Humas).