Bosan ngantri di Dinas Dukcapil? Kini Tersedia Aneka Bahan Bacaan

32

Takengon – Walaupun pelayanan sudah relatif cepat dan masyarakat yang mengantri pun tidak terlalu padat, namun Dinas Dukcapil Aceh Tengah tetap mengupayakan kenyamanan masyarakat.

Hal tersebut diwujudkan melalui pengadaan bahan bacaan yang dapat dimanfaatkan oleh warga sembari menunggu dan mengantri layanan.

“Kami sudah bicara dengan Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk menambah bahan bacaan di ruang tunggu pelayanan,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal disela bertemu dengan Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah, Zikriadi, Selasa (03/11/2020).

Menurut Mustafa pihaknya sangat terbantu dengan kerjasama kedua belah pihak sebagai upaya meningkatkan fasilitas layanan publik di Dinas Dukcapil.

“Dengan banyaknya bahan bacaan tentu waktu masyarakat dapat lebih efektif, tidak hanya menunggu sia-sia, tapi bisa sambil membaca dan mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Mustafa.

Seperti gayung bersambut, Zikriadi sangat antusias dan mendukung adanya peran aktif dari berbagai pihak untuk meningkatkan semangat membaca masyarakat seperti yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil.

“Penempatan pojok baca dilengkapi bahan bacaan di ruang-ruang publik juga merupakan program kami,” tutur Zikriadi.

Buku yang akan ditempatkan nanti menurutnya beragam, tidak hanya bagi orang tua, tapi juga untuk remaja dan anak-anak. Buku-buku tersebut nantinya setiap bulan akan diganti dengan judul yang baru.

“Tidak hanya buku, tahun depan kita upayakan ada penempatan satu unit Pustaka Digital di Dinas Dukcapil sehingga lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bacaan,” demikian zikriadi. (*)