Buka Dialog “Pemuda Maju Pemuda Berkarya” Bupati Shabela Ajak Pemuda Gayo Dinamis, Progresif dan Berintegritas

330

Takengon – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah menggelar Dialog Pemuda, yang mengambil tempat di Taman Tugu Aman Dimot, Takengon, Kamis (27/9/10/2022).

Mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa” peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022 ini, menegaskan kembali komitmen bahwa hanya dengan persatuan dan kebersamaan dapat mewujudkan cita-cita dalam membangun Bangsa.

Ungkap Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar, saat membuka secara resmi gelaran Dialog Pemuda yang menghadirkan Para unsur pimpinan daerah, Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Tokoh Kepemudaan dan segenap pengurus Ormas, OKP, dan Organisasi Kemahasiswaan serta Pelajar yang ada di Kabupaten Aceh Tengah tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Shabela menyampaikan Dialog dengan mengangkat tema “pemuda maju pemuda berkarya” ini, kami kira sangat lah penting semangat ini, untuk ditanamkan kembali terutama dikalangan para pemuda generasi penerus bangsa.

“Pemuda adalah harapan bangsa yang sering diidentikkan sebagai generasi yang idealis, dinamis, progresif, dan memiliki integritas untuk membawa perubahan bagi kemajuan bangsa”, Ujar Bupati Aceh Tengah.

Lebih lanjut, pesan nya untuk para Pemuda Aceh Tengah yang ikut hadir dalam dialog itu, bahwa suatu Negara tidak akan bisa maju dan berkembang tanpa adanya peran serta Masyarakat khususnya kaum muda dalam pembangunan Bangsa.

“Tujuan dan cita-cita bangsa akan terwujud jika para pemuda bersatu, disinilah jiwa integritas harus dilatih, dikembangkan, kemudian dipraktekkan, penanaman integritas dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti menjalankan prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang benar atau mulai bersikap jujur kepada diri sendiri kemudian kepada orang lain, namun, yang terpenting adalah konsistensi dalam melaksanakan itu semua”, Lanjut Bupati Shabela.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan terus berupaya untuk melakukan penyesuaian dengan tuntunan kebutuhan kaum muda saat ini, termasuk melibatkan kaum muda dalam ruang-ruang publik di ranah kepemerintahan, terang Bupati lagi.

“Kemudian, untuk mewujudkan itu semua generasi muda harus senantiasa belajar segala ilmu pengetahuan dengan tetap memuliakan pemikiran bahwasannya manusia sebagai makhluk mulia. Sehingga benih-benih kaum intelegensi dan intelektual berakhlakul karimah akan hadir menuntun masa depan yang cerah”, Pungkas Bupati menutup Sambutannya.

Terpisah dalam laporan Kadispora Zulfan Diara, ST. menyampaikan bahwa tujuan kegiatan  Dialog Pemuda ini antara lain membangun komunikasi antar institusi/Organisasi Pemuda di Kabupaten Aceh Tengah, terutama berbagi informasi pelayanan kepemudaan dan menumbuhkan partisipasi Pemuda dalam pembangunan daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Setelah acara pembukaan usai, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dan diskusi yang dipandu oleh moderator Iwan Bahagia dan para narasumber diantaranya, Rafiandi, seorang pengusaha muda asal tanoh Gayo sekaligus jajaran pimpinan BSI Aceh Tengah, Muhammad Abdurahman asal Surabaya, Jatim, Atlet Sea Games 2019 penerima 2 Medali Perak Kejurnas 2021 di Garut, untuk IRR dan ITT, serta untuk IRR Juara 1, ITT Juara 2 di Banyuwangi, IRT Juara 3, ITT Juara 1, dan hadir juga Selamet Juanda (30) asal Sumut Juara 3 Kejurnas Garut dan Atlet Sea Games Vietnam 2022. (HMA/ProkopimAT)

X