Buka Kegiatan Fourta’s Ecsporgion IX, Bupati Aceh Tengah : Tampilkan Kreatifitas dan Raih Prestasi

83

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar menghadiri dan membuka secara resmi acara Four Takengon Education, Culture, Sport and Religion Tahun 2020 “Fourta’s Ecsporgion IX”, bertempat di SMA Negeri 4 Takengon, Rabu (19/02).

Selain Bupati, tampak hadir pada acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPRK, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Syariat Islam, Ketua Majelis Pendidikan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh, Camat Kebayakan, Kapolsek Kebayakan, Kepala Bidang Olah Raga Disparpora, Reje Pinangan dan Reje Paya Tumpi serta Anggota Komite Sekolah SMAN 4 Takengon.

Ketua Panitia, Asraf dalam laporannya menyebutkan bahwa Kegiatan Fourta’s Ecsporgion IX, merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pengurus OSIS SMA N 4 Takengon dalam bentuk perlombaan di bidang pendidikan, budaya, olah raga dan keagamaan yang dikompetisikan bagi siswa dan siswi SMP dan Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.

“Ajang ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi siswa dan siswi SMP dan MTsN sederajat untuk menyalurkan bakat dan minat serta menyalurkan bakat dan jiwa berkompetisi secara sportif”, sebutnya.

“Ecsporgion Ke 9 ini diisi dengan 14 cabang perlombaan, adapun cabang perlombaan yang pertama yaitu cabang keagamaan dengan jenis perlombaan MTQ Hifdzil Qur’an dan Putri Muslimah Berprestasi. Cabang Kebudayaan diantaranya Tari Kreasi, Vokal Solo dan Hasta Karya Daur Ulang. Cabang Pendidikan meliputi Debat Bahasa Indonesia, Rangking Satu, Cerdas Cermat Umum, Cerdas Cermat Pramuka, Essai dan satu lagi Cipta Puisi. Dan yang terakhir Cabang Olah Raga yang meliputi Futsal dan Bola Volly”, tambahnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Takengon, Drs. Ali Makhudi dalam sambutannya menyampaikan harapan, bahwa acara ini dapat menjadi penyemangat dan ajang ekspresi khususnya bagi siswa SLTP sederajat di Kabupaten Aceh Tengah.

“Dukungan yang diberikan Bapak Bupati adalah penyemangat bagi kami para warga sekolah dalam berbuat dan berkarya bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah”, sebut Ali. Pihaknya juga sangat berharap dukungan dalam mewujudkan dan pengembangan Boarding School di sekolah ini.

Sedangkan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam sambutan dan arahannya memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah, Dewan Guru, khususnya anak-anak pengurus OSIS, yang sudah menggagas kegiatan ini.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat mendukung kegiatan ini dalam rangka membina dan mengembangkan minat dan bakat siswa khususnya dalam bidang pendidikan, kebudayaan atau seni, olah raga serta penghayatan nilai-nilai keagamaan”, terang Shabela.

Beliau juga berpesan kepada warga sekolah untuk manfaatkan waktu sebaik-baiknya di sekolah. “Tanamkan kesadaran bahwa tantangan kedepan semakin berat dan lapangan pekerjaan semakin sempit. Untuk itu kreatifitas dan keterampilan mutlak untuk ditingkatkan. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat membantu mewujudkan itu semua”, lanjutnya.

Selain itu, Bupati juga mengajak para guru dan siswa untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan pengalaman yang positif dalam perhelatan ini sehingga nantinya dapat berguna bagi mereka di masa yang akan datang.

“Tampilkan semua kreatifitas dan raih prestasi. Semoga ini menjadi modal bagi anak-anak nantinya”, cetus Shabela sebelum menutup sambutannya. (IMH/Humas)