Buka Pekan Produk Unggulan UMKM, Shabela: UMKM Penggerak Pemulihan Ekonomi Nasional

94

Takengon – UMKM merupakan pilar terpenting dalam pemulihan perekonomian, tercatat untuk jumlah UMKM di Kabupaten Aceh Tengah mencapai 13.000 pengusaha dengan sebanyak 12.590 pernah mengusulkan BPUM ( Bantuan Produktif Usaha Mikro) pada 2020-2021 yang lalu.

Artinya, UMKM di Kabupaten Aceh Tengah justru bangkit dan maju selama masa pandemi covid-19 serta UMKM juga banyak berkontribusi dengan membuat sektor-sektor lain mendapat manfaatnya.

Demikian ungkap Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar pada pembukaan Pekan Produk Unggulan UMKM bertempat di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Sabtu (03/12/2022) malam.

Shabela menilai kegiatan seperti ini merupakan kepedulian bersama untuk mendukung dan mendorong para pelaku usaha di tengah tantangan dan persaingan usaha melalui teknologi informasi yang terus berkembang saat ini.

“Acara ini sangat baik sebagai upaya dalam pengembangan pemasaran dan mempromosikan produk-produk unggulan UMKM yang ada”, ujar Bupati.

Untuk itu ia berharap pelaksanaan pekan produk unggulan UMKM ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat, sehingga akan berdampak besar bagi pengembangan UMKM itu sendiri juga sebagai pemicu semangat.

“Kami harap kegiatan ini membangkitkan perekonomian masyarakat serta bisa meningkatkan semangat para pelaku UMKM, karena sikap semangat menjadi pemantik agar UMKM menjadi penggerak dalam pemulihan ekonomi nasional”, tutur Shabela yang sekaligus membuka acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, yang diwakili Sekretaris Dinas Ir. Saiful Bahri, MM menyampaikan kegiatan pekan produk unggulan yang diadakan di Takengon adalah kesempatan bagi pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah dalam mengatasi persoalan promosi.

Ia berharap melalui kegiatan ini, Aceh akan terus bangkit lebih baik lagi dan mampu membantu mengatasi persoalan kemiskinan di daerah.

“Semoga Aceh terus bangkit dan mampu mengatasi kemiskinan, terima kasih kepada Pemerintah Aceh Tengah yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini dengan tujuan mendorong pengembangan UMKM di Bener Meriah dan Aceh Tengah melalui pekan produk unggulan UMKM ini”, tutup Saiful Bahri. (KS/ProkopimAT)

X