Bunda Dyah dan Bunda Ratna Kunjungi dua PAUD/TK di Kecamatan Rusip Antara

171

Takengon – Bunda PAUD Aceh Tengah, Puan Ranta dampingi kunjungan Bunda PAUD Aceh Dyah Erti Idawati, datangi dua PAUD/TK di Kecamatan Rusip Antara, dalam rangka meninjau langsung proses belajar tatap muka sekolah di Kampung Jamur Daling dan Kampung Pilar Jaya Kecamatan Rusip Antara Kabupaten Aceh Tengah, Senin (11/1/2021).

Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah melakukan pembinaan dan melihat secara langsung keberadaan anak-anak PAUD, Guru dan sarana prasarana yang dimiliki di Daerah Kecamatan Rusip Antara di tengah masa pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut pertama sekali Bunda Paud Aceh dan Bunda Paud Aceh Tengah berkunjung ke PAUD/TK Swasta Jamur Daling, tiba di lokasi sekira pukul 10.00 Wib, kehadiran rombongan Bunda PAUD tersebut disambut hangat oleh Masyarakat, Guru serta para murid PAUD/TK Jamur Daling binaan Kepala Sekolah Maisyarah dan telah berdiri sejak tahun 2009 yang lalu.

Bunda Paud Aceh, Dyah Erti Idawati mengatakan bahwa keberadaan dan peran Bunda Paud sangatlah penting dalam tumbuh kembang anak didik di periode emas pertumbuhannya.

“Sekarang ini, Bunda PAUD sedang menerapkan pogram Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) dimana kita berupaya membentuk anak sehat, cerdas dan ceria, tentunya dalam pembinaan anak ini yang paling penting dan utama yaitu mutu tenaga pendidiknya, karena dari Guru yang bermutu akan dihasilkan anak-anak didik yang bermutu pula” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan di Taman Kanak-Kanak Bunga Bangsa Kampung Pilar Jaya Kecamatan Rusip Antara binaan Kepala Sekolah Sunarty, yang selanjutnya dikunjungi oleh Bunda Paud Aceh dan Bunda Paud Kabupaten berserta rombongan usai mengunjungi PAUD/TK Jamur Daling.

Dalam rangkaian kegiatan pemantauan tersebut Bunda Paud Aceh juga menghimbau para Guru agar selalu mengutamakan disiplin menjalankan protokol kesehatan saat memberikan layanan pembelajaran terbaik bagi anak-anak didiknya sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Himbauan ini disampaikan istri Gubernur Aceh itu saat berdiskusi dengan Kepala Sekolah dan para Guru kedua PAUD/TK berlokasi di Kecamatan Rusip Antara yang berjarak sekitar 45 KM dari Takengon ibu kota Kabupaten Aceh Tengah.

“Meskipun saat ini wilayah Aceh Tengah telah masuk dalam zona kuning, tapi tetap juga harus waspada, patuhi protokol kesehatan yang diterapkan dalam aktivitas keseharian. Selalu pakai masker, jaga jarak fisik dan mencuci tangan dengan sabun” katanya mengingatkan.

Kedua Bunda Paud tersebut ketika berkesempatan bercengkrama dengan anak-anak PAUD terlihat akrab dan antusias, para murid yang tampak menggunakan face shield sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan setelah ditanya langsung oleh Bunda Paud ternyata juga memahami tentang situasi pandemi covid-19 saat ini.

Anak-anak juga tahu bila Corona atau Covid-19 adalah virus yang sedang mewabah saat ini. “Bunda senang sekali, karena anak-anak semua juga tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi bahaya virus corona, seperti memakai masker atau face shield dan rajin cuci tangan pakai sabun seperti saat ini”pesan Bunda Dyah mengingatkan para murid Paud yang tampak bersemangat dihadiahi buku paket belajar oleh Ibu Dyah istri Gubernur Aceh Nova Iriansyah tersebut. (HMA/Humas)