Bunda PAUD Aceh Gelar Pembekalan Implementasi PAUD HI di Aceh Tengah

71

Takengon – Dalam rangka pelaksanaan implementasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI), Bunda PAUD Aceh bekerjasama dengan Bunda PAUD Aceh Tengah menggelar kegiatan pembekalan kepada para bunda PAUD Kecamatan dan Kampung yang ada di Aceh Tengah, Senin (06/09/2021).

Bunda PAUD Provinsi Aceh Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT merupakan Narasumber tunggal pada kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa peran Bunda PAUD sangat berarti untuk meletakkan pondasi terhadap anak.

“Usia nol sampai lima tahun itu disebut usia emas, ibarat kita menuliskan tinta ke atas kertas putih, apapun yang kita ajarkan akan terpatri didalam benak anak-anak kita”, jelas Dyah.

Untuk itu Bunda PAUD diminta agar serius mengembangkan sumber daya anak-anak yang ada di kampung.

“Kita mau sumber daya manusia yaitu anak-anak kita mampu bersaing di Aceh bahkan internasional, menjadi generasi yang cemerlang, berperilaku baik, dan berakhlak mulia”, lanjutnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Aceh Tengah Puan Ratna dalam laporannya menyampaikan bahwa, pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan.

kegiatan itu antara lain: Program Koordinasi dan kerja sama serta sosialisasi Bunda PAUD Aceh Tengah dengan instansi & dinas terkait, kemudian Sosialisasi pelaksanaan PAUD HI Kabupaten Aceh Tengah yang diikuti oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah PAUD se-Kabupaten Aceh Tengah.

Selanjutnya, penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan instansi dan dinas terkait, serta Bimbingan Teknis Program PAUD HI yang diikuti seratus lembaga se-Kabupaten Aceh Tengah juga telah dilakukan.

Lebih lanjut, Puan mengatakan bahwa dengan kerja keras Bunda PAUD tingkat kecamatan hingga kampung, PAUD HI diharapkan akan bisa terwujud disetiap kampung dan kecamatan.

“Dengan adanya PAUD HI tersebut kami harap tujuan mencerdaskan anak bangsa pada generasi yang akan datang dapat menjadi kenyataan”, terang Puan.

Puan juga meminta bunda PAUD HI kampung yang telah membentuk PAUD HI di kampungnya agar mengimplementasikan kegiatan belajar-mengajar sesuai ketentuan serta bagi yang belum agar membentuk PAUD HI-nya masing-masing.

Acara yang bertempat di gedung Ummi Pendopo Aceh Tengah ini turut diikuti oleh Perwakilan Polres Aceh Tengah, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Aceh Tengah, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas KBP3A, DPMK, Dinas Dukcapil, IGTKI, Himpaudi, Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Aceh Tengah, serta Bunda PAUD desa (satu Kecamatan satu desa). (KS/ProkopimAT)