Bupati Aceh Tengah Buka Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun 2020

61

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) Semester II Tahun 2020 tingkat Kabupaten Aceh Tengah, yang dipusatkan di Kampung Bies Penantanen Kecamatan Bies, Kamis (23/07).

Hadir dalam acara itu Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs. Sahidal Kastri, M.Pd, Kapolres Aceh Tengah AKBP. Hari Sandy, Kasdim Aceh Tengah Mayor (Inf) Syamsir Mas, Ketua DPRK Aceh Tengah Arwin Mega, serta para Kepala SKPK dan Camat dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Selain itu, tampak hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Persit Kartika dan Ketua Bhayangkari, para Reje, tokoh masyarakat serta kader kesehatan dan penyuluh KB se-Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati Shabela dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan yang digelar pada hari ini merupakan wujud kerjasama antara TNI dengan jajaran pemerintah daerah serta masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian bersama dalam mewujudkan keluarga yang sehat, keluarga bahagia dan keluarga sejahtera.

Dia mengemukakan, program keluarga berencana dan kesehatan dalam masyarakat merupakan syarat mendasar dan penting bagi terwujudnya kekuatan dan ketahanan masyarakat.

Untuk itu, dia berpendapat partisipasi dan peran serta masyarakat sangat berkontribusi dalam menyukseskan program keluarga berencana ini, sehingga cita-cita menuju masyarakat bahagia dan sejahtera dapat terwujud kiranya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan kepedulian masyarakat terhadap wawasan kependudukan yang serasi, selaras serta seimbang untuk mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera” tutur Shabela.

Sementara itu, Dandim 0106 dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdim, Mayor (Inf) Syamsir Mas menyampaikan pada dasarnya pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan merupakan langkah yang tepat dalam upaya membangun semangat gotong royong dan sinergi guna mewujudkan keluarga berkualitas.

Oleh karena itu, Dandim 0106 berharap, semangat gotong royong dan sinergi yang dibangun melalui kegiatan TMKK ini dapat menjadi pionir dalam upaya untuk menanggulangi gizi buruk pada anak balita, angka kematian ibu dan pengendalian penduduk.

“Ini semua merupakan salah satu wujud nyata dari program Pemerintah Daerah dengan Kodim 0106 Aceh Tengah untuk memelihara dan meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan bagi masyarakatnya” kata Dandim 0106.

Sebelumnya, Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Aceh Tengah, Drs. Alam Suhada, MM melaporkan bahwasanya program TNI Manunggal KB Kesehatan yang bekerjasama dengan pihaknya telah terselenggara secara rutin sejak beberapa tahun kebelakang.

Sesuai dengan evaluasi yang dilakukan, melalui kegiatan TNI Manunggal KB-Kes ini sangat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pencapaian program KB baik ditingkat Nasional, Provinsi maupun di Kabupaten Aceh Tengah.

Disamping itu, melalui program-program yang dilakukan selama ini, juga telah memberikan hasil yang positif mengenai gambaran perkembangan jumlah kepesertaan KB maupun KB aktif yang mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Semakin banyak keluarga memiliki kesadaran yang realistis dalam merencanakan jumlah anggota keluarga. Saat ini, telah terbentuk pola pikir bukan hanya sekedar kuantitas, tapi juga kualitas” lapor Alam.

Pada tahun ini, terdapat 3 (tiga) fokus kegiatan yang dilakukan, diantaranya pelayanan akseptor KB, sunatan masal dan pelayanan dasar kesehatan.

Sampai dengan berita ini diturunkan, terlihat antusias masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan dalam kegiatan tersebut.

Bahkan terpantau, panitia harus menyediakan fasilitas tambahan untuk melayani masyarakat yang jumlahnya jauh melebihi target. (IMH/Humas)