Bupati Aceh Tengah Hadiri HUT APKASI Ke-20 Secara Virtual

98

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, selaku Koordinator APKASI wilayah Aceh ikuti rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Ke-20 tahun 2020 melalui virtual account, di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Sabtu 30/5/2020.

Bupati Aceh Tengah mengatakan Perayaan HUT APKASI ke-20 Tahun ini berbeda dengan perayaan tahun tahun sebelumnya, mengingat pandemi virus Corona (COVID-19) yang terjadi saat ini, demikian juga dengan peringatan HUT APKASI hanya bisa dilaksanakan melalui online virtual account, yang dikuti oleh seluruh Dewan pengurus APKASI dari seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini diharapkan sebagai sarana untuk silaturahmi dan Halal bi halal yang bertepatan dengan Momen idul Fitri 1441 H, sehingga menciptakan hubungan yang harmonis antara dewan pengurus dan undangan lainnya,” ujar Shabela.

Lanjut Bupati yang juga Korwil Aceh ini menjelaskan, APKASI sebagai lembaga yang cukup diperhitungkan oleh semua kalangan saat ini, sesuai dengan tugas dan fungsinya menjadi mitra strategis pemerintah dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi dari daerah untuk daerah maupun untuk tatanan nasional.

“Sinergi hubungan kelembagaan yang dilakukan selama ini sudah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap program-program pembangunan nasional terutama dalam menghadapi masa pandemi virus corona (COVID-19),” Jelasnya.

Dalam kesempatan ini melalui tayangan video, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan arahannya, mengucapkan selamat hari jadi APKASI. Ia mengapresiasi kerja sama dewan APKASI yang terus bersinergi dan berkolaborasi. Tito mengajak kepada para kepala daerah untuk saling belajar, belajar dari daerah yang lebih sukses, bahkan dari daerah yang kurang berhasil sekali pun, untuk saling berbagi dan kemudian mendedikasikannya untuk kebaikan NKRI.

“Dari yang berhasil bisa kita tiru dan dikreasikan agar lebih berkembang sesuai konteks wilayah masing-masing, yang kurang berhasil atau ada masalah hukum dan lain-lain, ini juga kita pelajari supaya tidak terjadi lagi dan bisa menjadi motivasi bagi kita untuk lebih maju,” ujar Mendagri.

Asosiasi yang diketuai Abdullah Azwar Anas yang juga menjabat selaku Bupati Bayuwangi ini telah berdiri sejak 30 Mei 2000 di Jakarta. Pada awalnya Pendeklarasian tersebut dilakukan oleh 26 anggota yang merupakan keterwakilan dari 26 Provinsi dan 246 Kabupaten yang ada saat APKASI didirikan 20 tahun silam.

Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) APKASI ke-20 tahun 2020, Semoga terus menjadi asosiasi penyelaras presepsi bagi seluruh daerah di Indonesia. (HMA/Humas)