Bupati Aceh Tengah Hadiri Upacara HUT TNI Ke-75 Secara Virtual

41

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 75 secara virtual di Markas Kodim 0106 Aceh Tengah, Senin (05/10).

Selain Bupati, tampak hadir pada upacara tersebut Kasdim 0106 Mayor (Inf) Syamsir Mas, Wakapolres Aceh Tengah Kompol Hardi Meladi Kadir, SIK, Wakil Ketua DPRK Ansari LT, Plt. Sekda Aceh Tengah Arslan Abd Wahab serta perwakilan unsur Forkopimda dan sejumlah Perwira TNI pada Kodim 0106 Aceh Tengah.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan HUT TNI pada tahun ini berlangsung secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat dalam pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir.

Upacara yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB itu, dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia dari Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden dalam arahannya mengatakan, TNI telah bersinergi dengan pemerintah sejak zaman kemerdekaan sebagai penjaga utama kedaulatan negara. Kontribusi juga ditunjukan anggota TNI tidak hanya dalam operasi militer. Mereka juga sigap membantu rakyat dalam menghadapi bencana alam/kemanusiaan, termasuk pandemi Covid-19 saat ini.

Presiden Jokowi mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan PSBB.

“Ditengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada TNI atas perannya, dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegaskan aturan di daerah, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran Virus Covid-19” ungkapnya.

Jokowi pun berharap, TNI selalu bersikap profesional. Dia juga berharap TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat” tutup Jokowi.

Selesai upacara, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar secara khusus mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke-75, terutama yang berada dijajaran Kodim 0106 Aceh Tengah, yang ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun dan nasi tumpeng.

“Atas nama masyarakat Aceh Tengah, kami mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke-75. Semoga TNI semakin jaya. TNI Kuat, Indonesia Hebat” kata Bupati Aceh Tengah.

Selain itu, Bupati juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh anggota TNI khususnya Kodim 0106 dan jajarannya yang telah bekerjasama dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah Kabupaten Aceh Tengah selama ini.

“Semoga sinergi pemerintah daerah dengan TNI terus terjaga. Sehingga Kabupaten Aceh Tengah semakin kondusif, aman dan masyarakatnya sejahtera” tuturnya.

“Sekali lagi, Dirgahayu TNI. Jaya di darat, Jaya di laut dan Jaya di udara” pungkas Shabela. (IMH/Humas)