Bupati Aceh Tengah Pimpin Upacara Peringatan HUT Kota Takengon ke 443

27

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Takengon Ke-443, dilapangan Setdakab setempat, Senin (17/02).

Upacara peringatan HUT Kota Takengon ini dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar. Turut hadir Sekda Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah. I, SE, MM, Staf Ahli Bupati, Para Asisten serta seluruh pejabat eselon II dan ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati Aceh Tengah dalam amanatnya selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa Upacara hari ini bertepatan dengan hari jadi ke-443 Kota Takengon yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Februari setiap tahunnya, dan Tahun ini merupakan peringatan yang ke 10 sejak pertama kali di peringati pada tahun 2011 yang lalu.

Beliau menambahkan bahwa beberapa rangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kota Takengon tahun ini antara lain tradisi Munirin Reje, yang sudah dilaksanakan tadi subuh pukul 06.00, di kawasan Kelitu, dan pagi ini juga selepas Upacara ini akan dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Peringatan HUT Kota Takengon di Ruang Sidang DPRK Aceh Tengah, serta seperti tahun-tahun sebelumnya, nantinya akan digelar even pawai budaya, pacuan kuda dan pameran pembangunan.

Pada pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kota Takengon pada tahun ini dianggap istimewa karena seluruh peserta upacara wajib mengenakan pakaian kerawang gayo dan inspektur upacara dalam amanahnya juga menyampaikan arahan upacara di selingi dengan peri mestike berbahasa gayo.

“Ama urum ine, sudere-sudere bebewene. Ari uken urum toa, ari bur urum paluh. Si ara i belang ni maupun si masyarakat bewene i Acih Tengahni. Ike sawah ku tauk, keta ku tauki. Ike gere sawah ku tauk, keta ku tatangen jejariku si sepuluh kin gantini batil tembege. Asal mulo e cico ni manuk, cico ni manuk selangkan terang. Nge sawah waktu, nge tenes ketike. Nge genap sarat, nge tumung pakat. Nge ara ijin ari Tuhen, kite nge murum i belang lapangan setdakab ni. Lo si serloni, tar bilangen si jeroh rum ketike si bise. Urum rahmat Allah SWT, nguk kite murum-murum wan sara acara, pertanggung jeweben kinerja ulu rintah Kabupaten Aceh Tengah”, ujarnya.

Di penghujung acara Upacara ini juga dilakukan pembagian KTP Elektronik bagi siswa SLTA yang telah melakukan perekaman KTP di sekolah-sekolah yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Aceh Tengah, didampingi oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Tengah. (IMH/Humas).