Bupati Aceh Tengah Terima Ribuan Masker Program Gemas-2

136

Takengon – Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT melalui Kepala Dinas Peternakan Aceh drh. Rahmandi, menyerahkan 21.325 helai masker kain (masker anak) kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah di Pendopo Bupati setempat, Jum’at (22/01).

Distribusi bantuan masker yang diperuntukan bagi anak sekolah dalam rangka melaksanakan program Gerakan Masker Sekolah – 2 (Gemas-2) ini, diterima oleh Bupati Aceh Tengah dan langsung diserahterimakan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Kantor Kemenag dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tengah, untuk kemudian dapat dibagikan kepada anak didik dalam satker pendidikan masing-masing.

Saat menerima bantuan ribuan masker tersebut, Bupati Shabela menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Aceh atas bentuk perhatiannya kepada anak sekolah yang diketahui telah mulai mengikuti pembelajaran secara tatap muka.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pemerintah Aceh untuk menyerahkan bantuan masker tahap kedua untuk anak sekolah di wilayah kami” ujar Shabela.

Dalam kesempatan itu, Bupati Shabela menekankan kepada pihak sekolah untuk menjadikan kegiatan pembagian masker tahap kedua ini, bukan hanya sekedar dalam rangka mengantisipasi timbulnya kasus baru Covid-19 klaster sekolah, melainkan juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengedukasi anak didik dan wali murid untuk tetap disiplin memakai masker karena wabah Corona belum berakhir.

“Momen ini hendaknya juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran anak didik kita dan wali murid untuk tetap disiplin memakai masker. Agar masyarakat tau dan anak-anak kita tau bahwa Covid-19 belum selesai” lanjutnya.

Bupati Shabela juga mengingatkan bahwa hingga saat ini belum ditemukan obat yang terbukti secara klinis mampu menjadi sumber penyembuh utama virus yang menyerang sistem pernafasan dan infeksi paru-paru ini.

Untuk itu, dia terus menganjurkan masyarakat untuk tertib menjalankan protokol kesehatan dan tetap bermasker bila keluar rumah sebagai tameng yang paling sederhana untuk membentengi diri dari tertularnya virus Covid-19.

“Kami yakin Aceh ini akan terlindungi, kalau kita mau disiplin memakai masker” tutup Bupati Shabela.

Perlu diketahui, Program Gerakan Masker Sekolah atau Gemas merupakan media penyadartahuan kepada semua pihak di dunia pendidikan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Untuk pertama sekali, program Gemas ini diluncurkan Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada 2 Desember 2020 dengan kegiatan pembagian dan memakaikan masker kepada 1.081.174 anak sekolah secara serentak di Provinsi Aceh.

Dalam program Gemas Jilid II ini direncakan kembali akan dilakukan pemakaian masker secara serentak oleh wali kelas bagi 483.384 siswa SD, 3.933 Siswa SLB dan 135.510 Siswa MI se-Provinsi Aceh, yang dijadwalkan dilakukan pada Sabtu (23/01/2021).

Kabupaten Aceh Tengah dalam kesempatan ini menerima alokasi bantuan masker sejumlah 19.365 helai untuk Siswa SD, 1.592 helai untuk Siswa MI dan 368 helai untuk Siswa SLB. (IMH/ Humas)