Bupati Dampingi Plt. Gubernur Aceh Kunjungi Korban Bencana Angin Puting Beliung Pegasing

45

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dampingi kedatangan Plt. Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T dalam kesempatan mengunjungi korban Angin Puting Beliung yang melanda Kecamatan Pegasing 25 Agustus lalu, di Posko Utama Pegasing, Jum’at (28/8/2020).

Sebelumnya Angin kencang memporak porandakan rumah warga Kecamatan Pegasing, kejadian itu sangat jelas terlihat di Kampung Kayu Kul dan Belang Bebangka yang tak jauh dari lapangan Pacuan Kuda H. M. Hasan Gayo, walaupun tidak ada korban jiwa setidaknya dilaporkan 2 warga dilarikan ke RSUD Datu Beru Takengon karena mengalami luka dan cidera, serta 33 unit rumah warga dari 4 (empat) Kampung, yaitu Kayu Kul, Kute Lintang, Jurusen dan Belang Bebangka rusak ringan, sedang dan berat diterpa Angin Puting Beliung.

Dalam kunjungan tersebut Plt. Gubernur juga menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis kepada Bupati Aceh Tengah mewakili warga masyarakat korban Angin Puting Beliung di wilayah Pegasing, Nova saat datang ditemani sejumlah pejabat eselon II, para Asisten dan pegawai di lingkungan Pemprov Aceh, tampak ikut serta juga dalam kunjungan tersebut sejumlah Anggota DPRA.

Nova Iriansyah beserta rombongan selanjutnya melihat langsung kondisi sejumlah rumah warga yang rusak memprihatinkan, juga fasilitas umum seperti kantor Reje dan balai pertemuan masyarakat yang terletak di Kampung Jurusen Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Plt. Gubernur menyampaikan rasa turut prihatin dan meminta kepada warga yang rumahnya rusak akibat bencana Angin Puting Beliung untuk bersabar, serta mengajak masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini.

“Tentu, kita semua tidak menginginkan musibah ini, namun kita juga harus tabah menghadapinya, kemudian kita harus optimis dan jangan terlalu lama berduka, semoga saja cobaan ini cepat dapat ditangani” ujar Nova memberi semangat pada warga masyarakat yang ditemui dalam tenda posko pengunsian.

Tidak lupa Plt. Gubernur Aceh mengingatkan kepada Bupati Aceh Tengah agar segera melaporkan secara tertulis data terkait rincian korban bencana Angin Puting Beliung ini kepada pihak Provinsi, agar upaya pemulihan secara terstruktur dapat segera dilakukan serta tahapan program rehabilitasi dan rekonstruksi lanjutan nanti dapat segera dilaksanakan.

“Kami meminta kepada seluruh stakeholder untuk mendo’akan semoga Allah memudahkan dan juga stakeholder diminta untuk terus ikut berpartisipasi aktif dalam membantu saudara kita yang terkena musibah, nantinya kami menunggu laporan dari Bupati untuk data di lapangan, sebagai dasar surat pengajuan program rehabilitasi dan rekonstruksi bagi para korban” tutup Nova.

Sementara itu secara terpisah Bupati Aceh Tengah saat ditemui mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Aceh dan kepada semua pihak yang turut berempati pada para korban bencana Puting Beliung ini.

Shabela mengatakan bahwa bantuan yang ada tersebut akan segera didistribusikan kepada masyarakat korban bencana yang memang berhak menerima bantuan sesuai dengan data yang telah diterima.

“Alhamdulillah kita bersyukur baru saja menerima bantuan dari Plt. Gubernur, Insya Allah bantuan yang diberikan ini nantinya akan kami salurkan tepat sasaran dan semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya” pungkas Shabela. (HMA/Humas)