Bupati Hadiri Deklarasi Arul Latong Kampung Wisata Dan Refleksi 16 Tahun Tsunami Dalam Rangkaian Desember Kopi Bako-E 2020

107

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar menghadiri Dekralasi Kampung Wisata dan Refleksi 16 Tahun Peringatan Tsunami dalam Rangkaian Kegiatan Desember Kopi Bako-E 2020, bertempat di Kampung Arul Latong Kecamatan Bies, Sabtu (26/12/2020).

Hadir dalam acara tersebut, Anggota komisi IV DPR RI Ir. H. TA. Khalid, MM, Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegaran Kementrian Pertanian Heru Tri Widarto, S.Si, Msc, Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh A. Hanan, Sp, MM beserta jajaran, Anggota DPRA dan DPRK Aceh Tengah, para tokoh masyarakat, seniman, budayawan serta sejumlah masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut Reje (Kepala Kampung) Arul Latong, M. Arifin, mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan panitia sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan lancar, serta ucapan terimakasih pada semua pihak atas dukungan dan apresiasinya terhadap penyeleggaraan kegiatan “DESEMBER KOPI BAKO-E” yang salah satunya diisi dengan deklarasi Arul Latong sebagai Kampung Wisata Kopi, serta Peresmian Mesin Huller penggilingan Kopi Berjalan di Kampung Arul Latong tersebut.

Sementara itu dalam arahannya, Bupati menyampaikan selain Kopi dan Tembakau, potensi sumber daya alam yang dimiliki Aceh Tengah sangat besar dan beragam, antara lain kekayaan mineral berupa bahan tambang, sumber energi terbarukan, berupa tenaga Air dan Matahari, serta keindahan panorama dan keaneka ragaman hayati yang menarik untuk dikelola pada sektor pariwisata.

“Hari ini juga, akan dideklarasikan Kampung Arul Latong sebagai Kampung Wisata Kopi, sebagai bentuk kolaborasi perkebunan dan destinasi wisata atau yang kita kenal dengan istilah Agrowisata, yang menggabungkan usaha produksi Kopi dengan suguhan wisata perkebunan tradisional” jelas Shabela.

Selanjutnya, dikatakan Bupati Shabela, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan do’a bersama Refleksi Peringatan 16 tahun peristiwa Tsunami, sebagai suatu kejadian besar dan sebuah ujian yang tentunya masih berbekas di hati dan ingatan setiap masyarakat Aceh.

“Walaupun secara wilayah, Kabupaten Aceh Tengah tidak terdampak langsung Tsunami, namun masyarakat Aceh Tengah juga banyak yang menjadi korban, mari kita berdo’a bersama, semoga para korban ditempatkan disisi ALLAH SWT, dan kita semua diberikan kekuatan untuk kembali bangkit membangun Negeri ini” pesan Bupati menutup sambutannya.

Rangkaian Desember Kopi Bako-E Tahun 2020 ini, diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya peluncuran produk Cerutu Gayo dengan merek dagang Gayo Mountain Cigar (GMC), dialog Qanun tentang Kopi, Deklarasi Arul Latong sebagai Kampung Wisata Kopi Arabika berbasis Adat Gayo, Peresmian Mesin Huller Penggilingan Kopi Berjalan sebagai salah satu inovasi warga Kampung Arul Latong dan juga pertunjukan seni budaya Gayo.

Desember Kopi dimaksudkan sebagai bagian dari merayakan panen Kopi yang telah dirintis seniman dan Budayawan Gayo Fikar W. Eda sejak tahun 2016 lalu, untuk tahun ini dikarekan masih dalam pandemi Covid-19 Desember Kopi juga diselenggarakan secara virtual melalui Serambinews.com dan Serambi On TV agar tetap dapat diikuti oleh Masyarakat yang tidak dapat hadir langsung di Dataran Tinggi Gayo. (HMA/Humas)