Bupati Ikuti Ijtihad “Pray From Home” Bersama Presiden RI

59

Takengon – Dengan menjalankan Protokol kesehatan ketat, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, berserta jajaran unsur Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tengah mengikuti kegiatan Pray From Home yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI secara virtual, bertempat di Gedung Ummi Komplek Pendopo Bupati, Minggu (11/07/2021).

Do’a bersama tersebut, dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya.

Selain itu, tampak turut bergabung enam tokoh pemuka agama. Antara lain, Prof. Quraish Shihab (Islam), Pendeta Lipius Biniluk (Protestan), Kardinal Suharyo (Katolik), I Nengah Dana (Hindu), Bhante Pannyavaro (Buddha) dan Xs Budi Tanuwibawa (Konghucu).

Acara Pray From Home ini diikuti oleh 462 Kepala Daerah yang terdiri dari 34 Gubenur, 332 Bupati dan 96 Walikota, secara Virtual di kediaman masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo meminta seluruh elemen masyarakat di Indonesia berjuang dan bekerja sama untuk menyelesaikan pandemi Covid-19. Apalagi saat ini Indonesia sedang menghadapi lonjakan kasus gelombang kedua yang dirasakan pada seluruh dunia akibat varian mutasi delta.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, tidak bisa menyelesaikan persoalan ini sendiri, semua pihak harus berkolaborasi saling tolong-menolong, gotong-royong supaya dapat keluar dari ujian berat ini,” kata Presiden Jokowi

Jokowi juga mendo’akan pada semua orang yang sedang terpapar Covid-19 segera diberikan kesembuhan. Presidenpun meminta kepada masyarakat Indonesia turut mendo’akan agar pandemi segera berakhir.

“Kita do’akan juga semoga semua saudara dan saudari kita yang terpapar Covid-19 segera diberikan pulih kembali. Dari rumah masing-masing mari kita tundukkan kepala, mengheningkan cipta, do’a dari rumah kita panjatkan dan berikhtiar agar ujian pandemi ini segera berakhir,” ujarnya.

“Yakinkan keluarga dan lingkungan terdekat agar beraktivitas di rumah saja. Mengatasi persoalan Covid-19 merupakan Ijtihad kebangsaan kita hari ini karena bertujuan menyelamatkan jiwa dan kemaslahatan kita bersama. Semoga Tuhan melindungi Bangsa Indonesia dan menjadikan bangsa ini aman maju dan sejahtera Amin… Amin…Ya Rabbal Alamin,” ujar Jokowi.

Menteri Agama Yaqut, serta para pemuka agama turut serta di kegiatan itu. Bergantian, para pemuka agama menyampaikan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Shabela Abubakar, juga mengajak seluruh Masyarakat, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk turut berkontribusi menangani pandemi Covid-19 di Aceh Tengah.

Salah satunya, dengan mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan, terutama pada saat ini Aceh Tengah merupakan salah satu Wilayah yang masih berada pada zona merah.

“Kita Do’akan bersama, mudah-mudahan Allah mengangkat penyakit Covid-19 ini dan kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan melewati masa pandemi ini,” harap Bupati Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)