Bupati Laksanakan Tarawih Perdana di Mesjid Ruhama

87

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah menghadiri pelaksanakan shalat tarawih 1 Ramadhan 1441 H di Mesjid Agung Ruhama Takengon, Kamis (23/04).

Tampak sejumlah masyarakat seputaran Kota Takengon juga khusuk mengikuti rangkaian ibadah shalat Isya, Tarawih dan Witir walaupun saat ini Covid 19 mewabah.

Shabela dalam sambutan awal ramadhan menyatakan saat ini kabupaten Aceh Tengah termasuk zona hijau wabah Covid 19, sehingga masih boleh melaksanakan shalat berjamaah di mesjid, namun tetap mempedomani protokol kesehatan antara lain rutin mencuci tangan, memakai masker, membawa sajadah pribadi dan menghindari bersentuhan antar jamaah.

“Tahun ini kita diuji dengan mewabahnya virus corona atau Covid 19 yang menjadi pandemi di seluruh dunia sehingga terkait masalah ibadah selama bulan Ramadhan kita ikuti anjuran ulama sebagai panutan” kata Shabela.

Shabela meminta masyarakat untuk mematuhi taushiyah Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh yang antara lain menyebutkan bagi daerah dengan kondisi penularan wabah Covid 19 masih terkendali, pelaksanaan ibadah dapat dilakukan di mesjid dengan membatasi waktunya.

Selain itu kegiatan buka puasa bersama, kenduri nuzulul quran, safari ramadhan, tadarus keliling, qiyamulail keliling, sahur bersama dan kegiatan yang melibatkan orang banyak sementara waktu untuk tidak dilakukan.

“Kami minta untuk tetap mematuhi imbauan dan seruan pimpinan daerah dan ulama antara lain, memakai masker saat keluar rumah dan bila melaksanakan shalat berjamaah di mesjid dan bagi jamaah yang merasa kurang sehat diimbau tidak datang ke mesjid, menghindari bersalaman dan menghindari perbuatan yang mengurangi pahala puasa” lanjut Shabela.

Selain itu Shabela juga mengingatkan setiap mesjid agar rutin membersihkan lantai dan menyiapkan sabun di tempat wudhu.

Selanjutnya para jamaah juga diharapkan menunaikan zakat, infaq dan sadaqah serta menyantuni anak yatim dan fakir miskin, mematuhi peraturan lalu lintas, menghindari balapan liar dan dilarang membunyikan petasan, tidak melakukan aksi borong sembako dan diimbau untuk tidak mudik masuk dan keluar dari Aceh Tengah.

“Atas nama pribadi beserta keluarga dan seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah, kami mengucapkan selamat melaksanakan puasa Ramadhan 1441 Hijriyah.
Semoga Allah mengangkat wabah ini dan melimpahkan rahmat Nya kepada kita sekalian dan menjadikan kita sebagai hamba yang bertakwa” tutup Shabela. (SN/Humas)