Bupati Resmi Buka Musabaqah Hifdzil Qur’an Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022

320

Takengon – Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) merupakan ajang kompetisi dan pembelajaran, sekaligus menjaga Al-Quran serta mengajak umat Islam agar senantiasa membaca dan merenungkan kandungan dari kalam-kalam illahi.

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar saat membuka dan memberi pengarahan pada gelaran Musabaqah Hifdzil Qur’an Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022, bertempat di Gedung Pendari Takengon, pada Selasa (25/10/2022).

Ditambahkan, selain meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT, MTQ yang mengusung tema “Dengan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) mari kita Tadabbur kan Al-Qur’an di kalangan Keluarga dan Masyarakat” ini menjadi wahana untuk mencintai, mendalami menghayati dan mengamalkan Al-Quran dalam rangka mewujudkan keluarga dan Masyarakat Aceh Tengah yang beriman dan bertaqwa.

Menurutnya Bupati Aceh Tengah, Sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah 2017-2022, yang memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan pendalaman pemahaman isi kandungan Al Qur’an baik melalui, metode Hifdzil Qur’an sebagai bagian dari penerapan Syariat Islam di Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

“Oleh karenanya, pelaksanaan Musabaqah Hifdzil Qur’an tingkat Kabupaten Aceh Tengah ini nyata-nyata merupakan upaya motivasi bagi masyarakat untuk selalu dekat dengan alquran”, Ungkap Bupati Aceh Tengah.

“Begitu juga bagi generasi penerus khususnya para santri dan pelajar yang menjadi peserta nya, semoga MHQ ini dapat menjadi wadah untuk uji kemampuan, setelah selama ini berlatih, mempelajari, membaca maupun menghafal kitab suci Al-Qur’an sesuai dengan cabang yang akan diperlombakan dalam kesempatan ini”, Lanjutnya.

“Pelaksanaan MHQ ini juga menjadi bahan evaluasi bagi Daerah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan, sekaligus sebagai wadah seleksi keikutsertaan pada MHQ tingkat Provinsi Aceh yang akan datang”, Ujarnya lagi.

Senada sebelumnya, dalam laporan Kadis Syariat Islam Aceh Tengah, Drs, Mustafa Kamal, M.A., selaku ketua panitia penyelengara menyampaikan, Musabaqah Hifdzil Qur’an tingkat Kabupaten Aceh Tengah ini akan berlangsung selama tiga hari, dimulai pada hari ini 25 Oktober 2022, hingga 27 Oktober 2022 mendatang.

“Kegiatan ini merupakan uji kemampuan dan persiapan Kabupaten Aceh Tengah, menuju ajang MHQ tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung di Simeulue pada Juni 2023 mendatang”, Ulasnya.

“Pada pelaksanaan MHQ ini, di perlombakan Hifdzil Qur’an untuk dua kategori, dewasa dengan hapalan 10 juz diikuti oleh dua orang peserta putri, dan di tingkat pemula atau remaja, untuk hapalan 5 juz diikuti 23 orang peserta putra, dan 32 orang peserta putri”, Terang Kadis Syariat Islam Aceh Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tengah juga berkesempatan menyematkan tanda peserta pada perwakilan putra putri peserta MHQ sebagai simbol di mulai dengan resmi ajang Musabaqah Hifdzil Qur’an Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022. (HMA/ProkopimAT)

X