Bupati Sambut Kunjungan Tim Wasev Mabes TNI-AD di Kabupaten Aceh Tengah

35

Takengon-Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI-AD yang dipimpin oleh Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko berkunjung ke Kabupaten Aceh Tengah untuk meninjau pelaksanaan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang berlokasi di Kampung Pantan Musara dan Kampung Kala Wih Ilang Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Sebelum mengunjungi lokasi TMMD, Tim Wasev lebih dahulu disambut dalam pertemuan dengan Bupati dan Unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tengah yang digelar di Markas Kodim 0106 Aceh Tengah di Takengon, Kamis (08/10) pagi.

Selaku Ketua Tim, Brigjen TNI Legowo menyampaikan maksud kedatangan Tim Wasev adalah dalam rangka menjalankan perintah KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Penanggungjawab Operasional TMMD, guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD dilapangan, serta untuk mendapatkan saran atau masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan TMMD dimasa yang akan datang.

Dia mengatakan TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral antar instansi pemerintah dan masyarakat sebagai upaya bersama untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah.

“Kami turun ke Aceh Tengah untuk melanjutkan perintah pimpinan dalam rangka memastikan kegiatan TMMD berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kita berharap ada evaluasi melalui kunjungan ini, sehingga TMMD ke depan lebih baik, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan negara,” papar Legowo.

Untuk itu lanjutnya, melalui TMMD, TNI dapat turut serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, disamping mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Karena tujuan kegiatan TMMD disamping untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, tentunya juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat dan juga sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” lanjutnya.

Legowo juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati dan jajaran Forkopimda serta seluruh komponen masyarakat atas dukungan dan partisipasi dalam kegiatan TMMD ke-109 di kabupaten ini.

“Atas nama Kepala Staf TNI-AD kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat atas semangat gotong royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan saat ini,” tuturnya.

Legowo juga berharap agar semua yang dilakukan harus bermanfaat untuk rakyat. “Saya berharap agar semua kegiatan yang kita lakukan ini berdampak lebih untuk rakyat, atau berdampak terhadap kesejahteraan rakyat” Pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan bincang-bincang dan ramah tamah ditempat yang sama, Bupati Shabela mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan jajaran TNI, khususnya di jajaran Kodim 0106 Aceh Tengah yang telah berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati Shabela menjelaskan, kegiatan TMMD yang sedang dilaksanakan ini manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dua kampung dan sekitarnya.

“Dampak positif dari kegiatan TMMD ini juga akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena infrastruktur jalan yang dibangun akan lebih mempermudah akses ekonomi masyarakat, terutama dalam mengangkut hasil pertanian,” kata Shabela.

Untuk itu Bupati mengatakan, kerjasama yang baik antara Kodim 0106 dengan Pemkab Aceh Tengah sudah terjalin dengan baik selama ini. Kedepan, kerjasama tersebut akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan untuk kesejahteraan dan keamanan masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Sebelumnya Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol TNI Teddy dalam paparannya menyampaikan bahwa program TMMD ke-109 yang dilakukan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka pembangunan dan kesejahteraan masyarakat ini melalui kegiatan fisik dan non fisik.

“Sasaran kegiatan fisik diantaranya pembukaan/ pelebaran badan jalan seluas 6,5 s/d 7 meter sejauh 4.200 meter. Pemasangan gorong-gorong sejumlah 6 titik dan pembangunan satu unit jembatan besi sepanjang 10 meter dengan lebar 4 meter”, lapornya.

“Sementara sasaran non fisiknya, yakni menanamkan wawasan kebangsaan dan bela negara, kemudian juga penyuluhan bahaya narkoba, radikalisme dan terorisme serta penyuluhan kamtibmas dan KB.” tambah Teddy.

Usai acara penyambutan, Bupati dan Ketua Tim Wasev, juga Komandan Korem 011 Lilawangsa, dan sejumlah personel Kodim 0106 serta awak media pers, turun kelapangan untuk bertatap muka dengan masyarakat dan meninjau langsung kegiatan TMMD ke-109 di Kampung Pantan Musara dan Kampung Kala Wih Ilang Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. (IMH/ Humas).