Bupati Serahkan Dokumen Kependudukan Warga Terimbas Banjir Paya Tumpi

31

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyerahkan dokumen kependudukan (KTP, Akte kelahiran dan Kartu Keluarga) warga kampung Paya Tumpi Baru Kecamatan Kebayakan yang terdampak Banjir beberapa hari lalu.

Ada enam keluarga yang kehilangan dokumen kependudukan diantaranya keluarga Syukri, Maksum, Arfandi, Dedi Ariska, Agung Prihandono dan Nasiman.

Dokumen diterima oleh Reje Paya Tumpi Baru, Idrus Saputra untuk diamankan sementara, karena keenam keluarga tersebut sedang mengungsi di gedung SD setempat, karena rumahnya terdampak rusak berat.

“Penerbitan kembali dokumen kependudukan warga yang terdampak bencana harus cepat dilakukan untuk membantu masyarakat agar mudah mengakses pelayanan publik,” ungkap Shabela, Rabu (20/05/2020) usai menyerahkan dokumen.

Menurut Shabela apa yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil selama ini sudah baik dengan bergerak cepat bila ada masyarakat yang kehilangan dokumen kependudukan akibat bencana.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengatakan sehari setelah bencana banjir di kawasan Paya Tumpi terjadi, pihaknya langsung melakukan pendataan.

“Memang ada puluhan rumah yang terimbas, tapi setelah dilakukan pendataan hanya enam keluarga yang kehilangan dokumen kependudukan,” ujar Mustafa.

Dokumen kependudukan pengganti perlu segera diberikan kepada warga, karena dibutuhkan untuk mendapatkan pelayanan, seperti BPJS Kesehatan dan lainnya.

“Setelah terjadi bencana banjir ada warga yang harus berobat ke rumah sakit, sementara Kartu Keluarga nya hilang, inilah pentingnya segera diserahkan kembali dokumen pengganti,” jelasnya.

Mustafa juga mengingatkan Reje, jika ada warga luput dari pendataan yang dilakukan pihaknya agar dilaporkan segera untuk diproses dokumen pengganti. (*)