Bupati Shabela Abubakar, Mendukung Pelaksanaan KTT G20 Indonesia 2022

229

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar, menyampaikan dukungan nya atas pelaksanaan KTT G20 Indonesia tahun 2022, yang berlangsung selama dua hari, 15 hingga 16 November 2022, di Bali Indonesia.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Saya Drs. Shabela Abubakar, Bupati Aceh Tengah, mendukung terhadap Negara pada pengamanan terhadap Negara pada Pelaksanaan KTT G20 di Bali dan, memberikan dukungan terkait isu – isu yang di angkat dalam KTT G20, Recover Together, Recover Stronger, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”, Ujar Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar sebagai mana dapat dilihat dalam video testimoni nya yang diambil di Kediaman Dinas Pendopo Bupati, Rabu (16/11/2022).

KTT G20 Indonesia 2022 dengan Tema dari Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 saat ini yaitu, “Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Untuk diketahui Manfaat Forum G20 bagi Indonesia, antara lain Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju, Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum G20. serta Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum G20.

Selain itu G20 juga memiliki peran nyata, diantaranya Penanganan krisis keuangan global 2008. G20 dianggap telah membantu dunia kembali ke jalur pertumbuhan dan mendorong reformasi di bidang finansial, memberikan Kontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 yang mencakup penangguhan pembayaran utang luar negeri negara berpenghasilan rendah, injeksi penanganan Covid- 19, pengurangan bea untuk vaksin, hand sanitizer, disinfektan, alat medis dan obat-obatan.

Kebijakan pajak, G20 telah memacu OECD untuk mendorong pertukaran informasi terkait pajak untuk mengakhiri penghindaran pajak, dan Isu lainnya termasuk pembangunan iklim usaha dan perdagangan, sesuai informasi yang dihimpun dari Sumber Kemenkeu/RS/NA/CNQ.

Terpisah, Dalam pidato pembukaan KTT G20, Presiden RI Joko Widodo, mengucapkan terima kasih atas kedatangan para pemimpin negara-negara G20, undangan, organisasi internasional, di Garuda Wisnu Kencana, Bali Indonesia.

Pada tahun ini, KTT G20 diselenggarakan di Bali, Indonesia, G20 atau Group of Twenty sendiri, merupakan sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. (HMA/ProkopimAT)

X