Bupati Shabela Abubakar Raih Penghargaan Tertinggi Manggala Karya Kencana

80

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, terima penghargaan tertinggi Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2021 dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN-RI), Dr (H.C.) Hasto Wardoyo SpOG (K).

Penghargaan tersebut diberikan secara virtual pada acara rangkaian peringatan HARGANAS ke-28, Gebyar Penghargaan Program Bangga Kencana Tahun 2021, diikuti Bupati yang tampak didampingi Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna, Sekda Subhandhy, serta para Kepala OPD Kabupaten Aceh Tengah terkait, bertempat di Gedung Ummi, Komplek Pendopo Bupati Aceh Tengah, Senin (28/06/2021).

Berdasarkan lampiran surat Kepala BKKBN Nomor 737 ITU.06/G2/2021 tertanggal 24 Juni 2021, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar ditetapkan sebagai penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021, Penyematan tanda penghargaan tersebut nantinya akan dilakukan oleh BKKBN.

Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan beberapa indikator. Indikator tertinggi adalah indikator capaian kinerja Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Kabupaten Aceh Tengah pada masa kepemimpinan Bupati Shabela terus mengalami peningkatan.

Bupati Shabela, selama dua tahun terakhir dianggap berhasil dalam intervensi program pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Aceh Tengah.

Selain penghargaan tertinggi Manggala Karya Kencana yang diterima oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar tersebut, sebelumnya juga telah diterima oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna pada HARGANAS Ke-27 Tahun 2020 lalu.

Angka Kelahiran Total (TFR) dibawah rata-rata provinsi dan nasional serta angka kepesertaan ber-KB (CPR) di atas rata-rata Provinsi dan Nasional turut menjadi indikator keberhasilan Program Bangga Kencana dinilai positif dan sukses.

Bupati Shabela juga dinilai berhasil sebagai inisiator mendukung upaya pemerintah dalam penanganan atau pencegahan dan Upaya Penurunan Angka stunting di Kabupaten Aceh Tengah.

Selain itu, Bupati mendukung pembentukan Kampung KB Mandiri berbasis Kampung dalam dua tahun terakhir. Tercatat telah terbentuk total 33 Kampung KB di Kabupaten Aceh Tengah, dengan Dua Kampung KB Percontohan yaitu Kampung Tirmiara Kecamatan Rusip Antara dan Kampung Daling Kecamatan bebesen Kabupaten Aceh Tengah.

Shabela Abubakar sangat aktif dalam kegiatan momentum Program Bangga Kencana lainnya, diantaranya Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Tahun 2020 dan 2021 berlangsung sukses dan dapat terlayani ratusan akseptor dalam sehari, Bahkan Aceh Tengah telah melampaui angka jumlah Akseptor yang memperoleh pelayanan KB sebanyak 982 Akseptor dari target 800 Akseptor.

Selanjutnya dukungan terhadap Pendataan Keluarga Tahun 2021 oleh Bupati Aceh Tengah berbuah kesuksesan dengan indikator jumlah keluarga terdata 100% hingga akhir periode pendataan, dan Aceh Tengah merupakan salah satu Kabupaten/Kota di Aceh yang berhasil menyelesaikan Pendataan Keluarga dengan tempat waktu.(HMA/Humas)