Bupati Shabela Antusias Terima Tawaran Kerjasama University of Rhode Island Amerika Serikat

376

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar, menyambut baik, kunjungan perwakilan University of Rhode Island (URI), Amerika Serikat yang hadir digandeng Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, bertempat di kediaman Dinasnya, Pendopo Bupati Aceh Tengah, Pada Sabtu Malam, (11/06/2022).

Kunjungan tersebut, selain sebagai kunjungan silaturrahmi juga merupakan pembuka jalan atas tawaran kerjasama dari University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat, kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

“Mereka menawarkan kerjasama khususnya untuk pengembangan SDM di Kabupaten Aceh Tengah, mencakup berbagai bidang utamanya di bidang ekonomi berkelanjutan dan di sekror wisata yang menurut mereka sangat besar peluang pertumbuhannya”, Ujar Bupati Aceh Tengah di selah-selah bincang santainya dengan tamu Berkewarganegaraan asing tersebut.

Bupati Shabela juga mengatakan, Pemerintah menyambut baik atas tawaran kerja sama tersebut, Sebab tawaran ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sebagai cikal bakal pengembangan Kabupaten Aceh Tengah yang terus menuju perkembangan dan kemajuan di masa yang akan datang.

“Semoga pertemuan ini adalah pembuka jalan yang baik bagi pengembangan Sektor Pendidikan, peningkatan Kualitas SDM, serta bagi sektor Pariwisata, Pertanian dan Perkebunan dan diharapkan dapat berdampak memperkuat perekonomian Kita”, Harap Bupati Shabela.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, sangat terbuka untuk memberikan kesempatan dan peluang kerja sama pada semua bidang, kali ini mungkin akan khusus dalam meningkatkan kualitas SDM di Aceh Tengah Apalagi kerjasama ini sangat bermanfaat dan akan memberi kontribusi penting untuk Aceh Tengah”, Lanjut Bupati.

“Kami berharap program kerja sama ini dapat berjalan lancar, dan Semoga dengan pengembangan SDM yang kita lakukan akan melahirkan SDM yang dapat membawa manfaat bagi pembangunan di Kabupaten Aceh Tengah,” Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak dari Universitas Rhode Island, atau disingkat URI hadir diwakili oleh Mr, Dr. Brook Williams Ross, MA, MBA, selaku Direktur, Business & Education Partnerships Asia University of Rhode Island dan keterwakilan Mr, Prof. Tom Bovin, selaku Dosen Manajemen Lingkungan, sekaligus selaku Senior Spesialis Penyuluhan Lingkungan University of Rhode Island Amerika Serikat.

Pengembangan Sumber Daya Manusia, akan berdampak pada Peningkatan Ekonomi di Aceh Tengah, khususnya terkait penyampaian metode pelatihan dan penyuluhan oleh URI of Amerika untuk Kabupaten Aceh nantinya dan tentunya berbagai Program pendidikan di URI akan sesuai dengan bidang yang dibutuhkan Di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah.

Ungkapkan, Dr. Brook Williams Ross,selaku Manajer Kerjasama University of Rhode Island menyambut baik rencana kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Menurutnya, pihak URI sangat antusias dan menyambut upaya kerjasama dan mempererat hubungan antara Pemerintah Aceh Tengah dengan University of Rhode Island (URI) Amerika.

“Kami sangat senang dan tidak sabar rasanya kembali lagi ke Kabupaten Aceh Tengah, dengan mengunakan Pakaian bermotif Ketawang Gayo Hadiah dari Bapak Bupati Aceh Tengah ini”.Ujar Mr, Brook Ross, sembari memamerkan Bahan Kain bermotif kerawang Buah Tangan dari Bupati Shabela Abubakar.

Untuk di ketahui, Universitas Rhode Island, atau disingkat URI merupakan salah satu universitas yang terletak di negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat, dengan kampus utamanya terletak di negara Bagian Kingston, Rhode Island, URI adalah kampus penelitian publik unggulan di negara bagian Rhode Island tersebut.

University of Rhode Island (URI) adalah Universitas yang berpusat di Amerika, dan telah bekerjasama dengan Indonesia lebih dari 45 tahun untuk membantu berbagai program pemerintah di berbagai wilayah di Indonesia

Sejak tahun 1972, University of Rhode Island telah bekerjasama dalam kemitraan dengan BAPPENAS, KKP, LIPI dan Kementrian Pertanian, serta banyak universitas termasuk Universitas Syiah Kuala, UIN Ar-Raniry, IPB, UGM, ITB, USU, Cenderawasih, Pemerintah Propinsi Papua, Pemerintah Propinsi Maluku, dan Pemerintah Aceh, dan saat ini juga mulai menjejaki kerjasama bilateral dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X