Bupati Shabela Apresiasi Gelaran Even Kejuaraan Menembak Kapolres Cup 2021

47

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar mengapresiasi kegiatan Kejuaran Menembak Kapolres Cup 2021 yang berlangsung dilapangan Tembak Perbakin, di Kampung Kala Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati Shabela berharap ajang ini dapat menjadi rutinitas agar dapat meningkatkan keahlian dan prestasi para atlet maupun pecinta olahraga menembak di Kabupaten Aceh Tengah.

Bahkan dikatakannya, kejuaran menembak yang digelar pada hari itu merupakan yang pertama sekali sejak ia menjabat sebagai Bupati Aceh Tengah diakhir 2017 lalu. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi pihak-pihak yang telah melakoni dimulainya even kejuaran menembak ditengah-tengah kevakuman kepengurusan organisasi Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Aceh Tengah tersebut.

“Kegiatan pada hari ini, sebenarnya sangat kami tunggu-tunggu. Empat tahun kami menjabat, baru kali ini kami diajak untuk mengikuti latihan dan perlombaan menembak,” ujar Shabela dalam sambutannya pada acara seremoni pembukaan, Kamis (12/08).

“Dengan adanya kejuaraan ini, hendaknya akan memotivasi pihak terkait untuk mengaktifkan kembali organisasi Perbakin di daerah kita, yang beberapa tahun ini sempat vakum,” tambah Shabela.

Lebih lanjut Bupati Shabela juga menegaskan bahwa dalam even kejuaraan menembak ini, bukanlah semata mencari sang juara, tapi yang jauh lebih penting dari itu, kiranya even ini dapat menjadi wadah silaturrahmi antar jajaran Sipil dengan TNI dan Polri, serta sebagai media dalam membentuk konsentrasi dan kesabaran aparaturnya.

“Disamping sebagai wadah silaturrahmi, kesempatan ini adalah untuk melatih ketangguhan, kepercayaan diri dan kemampuan didalam melatih konsentrasi dan kesabaran.” Pungkas Shabela.

Sebelumnya Kapolres Aceh Tengah, AKBP Mahmun Hary Sandy Sinurat dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka untuk menyemarakkan HUT RI yang Ke-76 tersebut, gagasannya baru muncul 3 (tiga) hari yang lalu ketika duduk bersama para demisioner pengurus Perbakin Aceh Tengah yang telah vakum selama 5 tahun terakhir.

Dikatakannya, pihaknya bersama-sama dengan sejumlah insan pecinta olahraga menembak di kabupaten itu, merasa terpanggil untuk menggerakkan kembali organisasi Perbakin yang telah lama vakum, melalui Kejuaraan Menembak agar para pecinta dan atlit olahraga menembak dapat terfasilitasi dalam meraih prestasi.

Selain itu, Sandy juga mengingatkan, hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini bukanlah untuk mencari pemenang melainkan juga sebagai penyambung silaturrahmi dan menambah keceriaan sehingga meningkatkan imun apalagi dimasa pandemi.

“Utamakan keselamatan diri, junjung sportivitas dan jangan bermain-main dengan senjata api. Ikuti semua anjuran instruktur, guna keamanan dan kenyamanan dalam kejuaraan ini.” Tutup Sandy sesaat sebelum memotong pita pelepasan balon udara penanda dimulainya Kejuaraan Menembak Kapolres Cup 2021.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan percobaan menembak terhadap sasaran target baja yang diikuti oleh Bupati Aceh Tengah, Kapolres, Dandim 0106, Wakil Ketua Pengadilan, Kepala Rutan Takengon dan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam Kejuaraan Menembak Terbatas yang berlangsung hanya satu hari tersebut, memperlombakan adu ketangkasan Menembak Pistol 25 Meter yang dibagi atas 3 (tiga) kategori, masing-masing Kelas Eksekutif, Kelas Umum dan Kelas TNI/Polri. (IMH/ProkopimAT)