Bupati Shabela Apresiasi Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kampung dan Kecamatan Dalam Program Pamsimas

268

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan peningkatan bagi aparatur kampung dan kecamatan dalam
program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) Tahun 2021 di Aula Hotel Linge Land Takengon, Senin (15/11).

Bahkan kegiatan ini sangat disambut baik oleh Bupati Shabela, lantaran peningkatan kapasitas aparat kampung dan kecamatan dalam program Pamsimas diyakini akan melahirkan kolaborasi terhadap pencapaian akses air minum dan sanitasi di Kabupaten Aceh Tengah.

Apalagi saat ini, kata Bupati Shabela program Pamsimas di Kabupaten Aceh Tengah telah menjangkau sebanyak 63 Kampung yang tersebar di 14 Kecamatan dan hasil programnya telah dinikmati oleh 8.675 KK dan 32.298 jiwa.

“Selaku Pemerintah daerah, kami sangat mendukung program Pamsimas ini. Karena selama ini dukungan dari Pamsimas dengan dampak yang signifikan dalam pencapaian akses ketersediaan air minum dan sanitasi khususnya berbasis masyarakat telah dapat dinikmati hasilnya,” kata Shabela saat membuka pelatihan tersebut.

Oleh karena itu, Bupati Shabela berharap agar aparat Kampung dan Kecamatan mampu memanfaatkan momen ini, sehingga akan mampu meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam melakukan kegiatan integrasi berbagai perencanaan pembangunan kampung.

“Kami harap melalui pelatihan ini peserta dapat mengambil pelajaran yang berharga, dan dapat mengadopsi berbagai program Pamsimas III yang telah berjalan selama ini,” harapnya.

“Kami juga berpesan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar semua materi yang diperoleh dapat diimplementasikan, dan dijadikan sebagai referensi lanjutan yang diterapkan pada pengelolaan program air bersih dan sanitasi berkelanjutan di Kabupaten Aceh Tengah.” Pungkas Shabela.

Sebelumnya, Koodinator Distrik Program Pansimas III Kabupaten Aceh Tengah, Fitriani dalam laporannya menyampaikan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bagi aparatur kampung dan kecamatan ini akan berlangsung selama 4 (empat) hari hingga tanggal 18 November 2021 mendatang.

Disebutkannya, tujuan dari pelatihan ini yakni menyamakan pemahaman peserta terhadap juknis kerjasama kampung untuk kegiatan air minum dan sanitasi serta membangun komitmen peserta dalam melanjutkan program air minum dan sanitasi di kampung masing-masing.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Latief Rusydi, Plt. Kadis Perkim Mauiza Uswa dan Kepala Bappeda yang diwakili Kabid Sarpras, Zulkifli. (IMH/ProkopimAT)

X