Bupati Shabela Apresiasi Layanan USG dan EKG di Seluruh Puskesmas se Aceh Tengah

405

Takengon – Puskesmas merupakan garda terdepan dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang sehat, Hal tersebut karena Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang terdekat ke masyarakat untuk menyelesaikan masalah kesehatan.

Pembangunan Puskesmas diseluruh kecamatan merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan pelayanan kesehatan dengan dukungan sumber pendanaan yang memadai, puskesmas saat ini telah berubah menjadi lebih baik, mempunyai tampilan fisik yang bagus dan nyaman untuk memenuhi kepuasan masyarakat yang ada di seluruh wilayah.

Tampilan fisik gedung saja tentu belum dapat memberikan kepuasaan bagi masyarakat secara utuh tanpa adanya pasilitas dan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terbaik dari petugas puskesmas setempat.

Demikian ujar Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, saat hadir dan menyaksikan langsung Launching Pelayanan USG dan EKG di Puskesmas lingkup Dinas Kesehatan Aceh Tengah, di UPTD Puskesmas Pegasing, Rabu (14/12/2022).

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah, dr Yunasri, Para Kapus Se Kabupaten Aceh Tengah dan Kapus Pegasing Muslim S.Kep, beserta seluruh jajaran, dalam kesempatan itu, usai meninjau langsung layanan USG dan EKG di Puskesmas tersebut, dalam sambutan dan arahanya Bupati memberikan apresiasi atas upaya Penyempurnaan pelayanan di bidang kesehatan yang selama ini telah diberikan Dinas Kesehatan bagi Masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Bupati Shabela dengan diluncurkannya layanan USG dan EKG di Puskesmas se Kabupaten Aceh Tengah ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan semakin meningkat di seluruh Puskesmas di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Lebih lanjut, Bupati Aceh Tengah menuturkan bahwa Puskesmas selain memberikan layanan kesehatan juga mempunyai tugas lain yaitu percepatan penangannan stunting “Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan terus fokus dalam upaya menurunkan angka stunting, disamping Kita melayani kesehatan masyarakat juga percepaan penanganan stunting masih menjadi program yang mendapat preoritas utama Pemerintah baik pusat dan daerah”, Ujar Bupati.

“Ada dua hal yang harus diawasi dalam menangani stunting, pertama memantau dan mengawasi 1000 hari kehidupan sejak 1 bulan bayi dalam kandungan, dengan alat USG tadi sudah bisa kita pantau, sampai dengan usia 2 tahun sehingga tidak terjadi gizi buruk yang menyebabkan stunting”, Ungkap Bupati Shabela.

“Kedua, penanganan stunting diharapkan tahun depan sudah selesai, karena sampai saat ini angka stunting kita masih di angka 7,78%, jadi paling lambat tahun depan stunting sudah mencapai angka zero persen, selain itu untuk penyakit penyerta, Saya kira ini juga masih menjadi perhatian penting semua pihak terkait dalam penanganannya”, Lanjut Bupati dalam sambutannya di Aula Puskesmas Pegasing.

Ditambahkan Bupati, agar semua pihak juga bersama mensukseskan program pelaksanaan Polio Tetes serentak kepada anak-anak di Kabupaten Aceh Tengah yang telah dilaunching beberapa hari yang lalu, mari tingkatkan persentase pemberian vaksin polio tetes agar target Aceh Tengah dapat segera terealisasikan.

Diakhir pidatoya Bupati mengharapkan agar meningkatkan disiplin dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat “ Gedungnya sudah bagus, pasilitas juga kian memadai, jadi layani masyarakat dengan sebaik-baiknya, ini adalah tempat layanan publik yang paling utama yang paling prinsip sehingga pelayanan harus juga diberikan dengan baik dan prima karena Puskesmas adalah sarana layana kesehatan dasar kepada masyarakat.

“Semoga kedepannya tidak ada lagi persoalan-persoalan prinsip mengenai pelayanan kesehatan di Kabupaten Aceh Tengah, mari Kita bersama-sama membangun Kabupaten Aceh Tengah yang kita cintai ini,” Ajak Bupati Shabela Abubakar pada seluruh Kapus Se Aceh Tengah yang hadir dalam kesempatan Melaunching layanan USG dan EKG Itu.

Terpisah dalam lapor Kadis Kesehatan Aceh Tengah, dr Yunasri disampaikan berdasarkan PERMENKES nomor 43 Tahun 2019 tentang pelayanan Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif diwilayah kerjanya.

Dalam hal ini salah satu upayan pemerintah dalam meningkatan kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana di puskesmas, dan kabar baik bagi masyarakat di Aceh Tengah bahwa saat ini di setiap Puskesmas di lingkup Dinas Kesehatan Aceh Tengah telah mendapatkan bantuan alat terbaru berupa Ultrasonografi (USG) dan Elektrokardiogram (EKG), Tandas Kadiskes Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X