Bupati Shabela Buka Diseminasi Hasil Kerja PPS Aceh

269

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar membuka kegiatan Diseminasi Hasil Kerja Satgas Percepatan Penurunan Stunting (PPS) Provinsi Aceh Tahun 2022, bertempat di Hotel Parkside Gayo Petro, Kamis (22/12/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Shabela menyatakan komitmennya terhadap penurunan angka stunting di Aceh Tengah bahkan sampai tingkat Kecamatan.

“Kami tetap berkomitmen karena kami menilai meskipun ini program pusat, pemerintah daerah harus menunjukkan kepeduliannya terhadap program ini sebab stunting bisa menimpa anak-anak kita, anak siapa saja di daerah ini”, ujar Shabela.

Ia mengatakan berbagai upaya telah dilakukan di Aceh Tengah diantaranya bekerjasama dengan kantor Kementerian Agama.

“Pasangan yang akan menikahi ini kita cek dulu kesehatannya apabila salah satu dari pasangan ini kurang sehat maka kantor kementerian agama bertugas menunda pernikahannya, karena ini berpengaruh kepada calon buah hati yang akan dilahirkan oleh pasangan tersebut”, jelas Bupati.

Selain itu, Shabela memandang perlunya memberikan pengetahuan bagi anak usia dini dalam memandang pernikahan.

“Selain faktor kesehatan, kita perlu berfokus pada anak-anak yang berusia subur dan perlunya sosialisasi atau penyuluhan untuk mencegah pernikahan usia dini, anak usia dini belum siap menghadapi pernikahan”, katanya.

Menutup sambutannya Shabela mengharapkan adanya hasil konkrit dari kegiatan tersebut sehingga angkat stunting baik di Aceh dan Aceh Tengah mampu ditekan sampai angka nol. (KS/ProkopimAT)

X