Bupati Shabela Buka Diskusi Melawan Hoaks di Takengon

39

Takengon – Diskusi bertema bersinergi melawan hoaks demi damai di bumi pertiwi digelar di Takengon, Aceh Tengah. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Sabtu (24/8/2019) di gedung Ummi Pendopo.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Dra Rosarita Niken Widiastuti MSi.

Disebutkan Shabela Abubakar, upaya pencegahan dan penyebaran hoaks (berita palsu), Pemkab Aceh Tengah, telah melakukan sosialisasi melalui beberapa media seperti radio serta pemasangan imbauan baliho anti hoaks.

“Meski telah dilakukan berbagai upaya, tapi masih tetap saja ada yang menyebarkan berita palsu seperti ini,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Dinas Syariat Islam, agar bisa menyampaikan kepada para ulama untuk ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan hoaks melalui khutbah jumat maupun pada momen keagamaan lainnya.

“Seperti pencegahan stunting, kita juga melibatkan para ulama. Begitu juga dengan pencegahan berita hoaks ini, ulama juga ikut berperan,” ungkapnya.

Sementara itu, kehadiran Sekjen Kementrian Kominfo RI, Rosarita Niken Widiastuti ke Aceh Tengah, untuk menghadiri serangkaian kegiatan diantaranya diskusi tentang bersinergi melawan hoaks demi damain di bumi pertiwi.

Sekjen Kominfo ini, juga akan menyaksikan pagelaran pentas seni dan budaya diseminasi informasi yang digelar di halaman Setdakab Aceh Tengah, Sabtu (24/8/2019) malam. [Mik/My)