Bupati Shabela Buka Wisuda Santri TKA, TPA dan TQA Se-Aceh Tengah

513

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar membuka acara Wisuda Ke-XXVI Santriwan/i TKA, TPA, dan TQA Tahun 2022 Bertempat Gedung Beni Bantacut Gajah Putih Kec. Pegasing, Minggu, (18/12/2022).

Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya mengajak para santri untuk betul-betul bisa menjadi santriwan dan santriwati yang membanggakan orang tua, daerah, juga negeri yang tercinta ini agar Aceh Tengah ini mampu terus hidup di bawah cahaya Al-Qur’an.

“Untuk itu, penerapan pendidikan agama kiranya memiliki peranan penting dalam menyiapkan generasi bangsa yang qur’ani sebagai dasar pondasi karakter dalam rangka menyongsong masa depan gemilang, serta untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan generasi dambaan umat yang sempurna keilmuan dan ketakwaannya”, kata Shabela di hadapan sejumlah 1250 Santriwan/i dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Aceh Tengah yang diwisuda itu.

Selain itu, lanjut Shabela seiring dengan gencarnya dampak dari globalisasi, kebutuhan pendidikan tidak hanya condong pada pengetahuan umum semata, ilmu agama khususnya terkait pemahaman akan Al-Qur’an dan Hadist memiliki kompetensi tinggi, diperlukan partisipasi masyarakat dan peran orang tua, disamping peningkatan standar kurikulum dan standar pengelolaan yang representatif diharapkan dapat hadir pada lembaga-lembaga pendidikan keagamaan yang ada di Aceh Tengah.

Menutup sambutannya, Bupati berpesan kepada ustadz dan ustadzah serta orang tua agar santri agar mengkaji dan menerapkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya mengingatkan kepada ustadz dan ustadzah serta orang tua bagaimana mengisi kebangkitan islam, kelola potensi daerah ini wahai para santri, jadilah santri terbaik, jadilah insan yang hidup dalam cahaya alquran, mari kita mengkaji isi Al-Qur’an tadi agar direnungkan untuk kemudian dilaksanakan apa yang terkandung dalam Al-Qur’an” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Bupati Shabela mewisuda para santri di acara tersebut.

Acara tersebut turut dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Ustadz dan Ustadzah dengan pengabdian terlama pada TKA, TPQ dan TQA di Aceh Tengah serta penyerahan Piagam Penghargaan pada santri berprestasi di Tingkat PRovinsi pada Ajang Festival Anak Sholeh Indonesia tahun 2022. (KS/ProkopimAT)

X