Bupati Shabela Hadiri Business Matching Tahap IV di Nusa Dua Bali Yang Dibuka Menkomarvest

264

Nusa Dua – Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar, yang tampak didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Aceh Tengah, Jumadil Enka, S.Sos, MM, menghadiri Acara Business Matching Tahap IV bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center. Kamis, (6/10/2022).

Acara ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Ir. Joko Widodo tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center pada 24 Mei lalu.

Kegiatan yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Jendral (Purn) TNI Luhut Binsar Pandjaitan MPA. Turut hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Aslog Polri Irjen Argo Yuwono, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, sejumlah Kapolda hingga Gubernur dan Bupati/Wali Kota. 

Menteri Luhut mengatakan, Business Matching ini merupakan forum diskusi yang mempertemukan pemerintah daerah dengan produsen barang dalam negeri.”Tujuannya adalah agar pemerintah daerah membelanjakan barang-barang produksi dalam negeri serta untuk memenuhi kebutuhan di daerah,” Jelasnya. 

Luhut Binsar Pandjaitan, mengajak seluruh Pemerintah Daerah agar kompak dalam melaksanakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia arahan Presiden Joko Widodo, dengan harapan laju inflasi dapat dikendalikan sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kalau kita kompak bersama dan bergandeng tangan, tentunya  mengatasi inflasi dan menghapus kemiskinan di negara ini. Ke depan seluruh teman-teman Gubernur dan Bupati/Wali Kota agar dapat melaksanakan belanja produk lokal melalui E-Catalog, ” ujarnya.

Secara terpisah Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar, mengutarakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 6 hingga 7 Oktober 2022 tersebut, adalah sebagai langkah tindak lanjut dari aksi percepatan apirmasi pembelian dan pemanfaatan produk lokal.

“Kegiatan ini juga sebagai bagian dari gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan sebagai dukungan dari pemerintah baik pusat maupun di Daerah kepada industri yang ada di seluruh Indonesia,” Ungkap Bupati Shabela Abubakar.

Bupati melanjutkan, bukti nyata Kabupaten Aceh Tengah terus mendukung program tersebut, pemerintah Daerah sudah membuat beberapa program terkait dengan kiat belanja produk dalam negeri, yang dimulai dari tingkat kampung, Kabupaten dan Nasional.

“Di Aceh Tengah juga saat sekarang kita sedang menggalakkan penggunaan produk dalam daerah, seperti yang sudah kita marakan belakangan seperti Pakai Kerawang Gayo, malah kita mengembangkan produk Beras Padi lokal atau Padi Kuyun Kecamatan Celala, Kopi Arabika Gayo, makan ikan lokal Danau Lut Tawar dan sebagainya sebagai bukti nyata kita mendukung program ini,” Terang Bupati Aceh Tengah.

Dalam Agenda yang sama Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar berserta rombongan juga berkesempatan meninjau Stan produk UMKM yang ditampilkan di acara tersebut. 

Acara Business Matching Tahap IV turut dihadiri oleh Sejumlah Menteri Kabinet Kerja diantaranya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, , Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, serta Perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Gubernur se Indonesia, Bupati/Walikota Se Indonesia, serta turut dihadiri juga oleh keterwakilan BUMN dan BUMD se Indonesia. (HMA/ProkopimAT)

X