Bupati Shabela Hadiri Kampanye Perbaikan Gizi Masyarakat di Kecamatan Silih Nara

38

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar menghadiri kegiatan Promosi/ Kampanye Perbaikan Gizi Masyarakat dalam rangka pergerakan masyarakat hidup sehat dan penerapan Germas pada semua tatanan di kecamatan wilayah Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022, tingkat Kecamatan Silih Nara.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah itu, dilangsungkan di Aula Kantor Camat Silih Nara, di Angkup, Jum’at (13/08) dengan dihadiri sejumlah Reje, Pengurus TP PKK Kampung dan sejumlah Kader Pembangunan Manusia (KPM) wilayah Kecamatan Silih Nara.

Dalam arahannya, Bupati Shabela mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas) yang menurut hematnya memiliki tujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat dengan jalan meninggalkan kebiasaan dan perilaku atau pola hidup yang kurang sehat.

“Dengan Germas ini masalah kesehatan dan perilaku hidup sehat dimasyarakat akan mampu mencegah timbulnya penyakit-penyakit tidak menular yang saat ini semakin banyak terjadi, baik menjangkiti kaum tua maupun muda karena pola hidup yang tidak sehat,” ujar Shabela.

Bupati Shabela mengemukakan untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat dapat dilakukan melalui peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan peningkatan aktifitas fisik.

Oleh karena itu dia mengajak seluruh elemen masyarakat, swasta, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya agar dapat berperan aktif dan turut mengkampanyekan pembangunan kesehatan berikut upaya-upayanya baik promotif maupun preventif.

“Mari kita semua mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat melalui upaya kampanye gerakan masyarakat hidup sehat dengan menggerakkan seluruh elemen melalui penyelenggaraan kemitraan, pemberdayaan masyarakat dan penyebarluasan informasi,” ajaknya.

“Harapan kita, gerakan ini dapat menginspirasi kita untuk menggelorakan semangat pergerakan Germas yang dapat dilaksanakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.” Harap Bupati sembari menutup sambutannya.

Kegiatan promosi kesehatan di lima tatanan Germas dalam rangka pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Aceh Tengah tersebut ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama untuk hidup sehat antara Bupati, Dinas Kesehatan, Camat dan Kepala Puskesmas dengan elemen masyarakat di Kecamatan Silih Nara.

Pada kegiatan tersebut, juga dipraktekan beberapa kegiatan germas antara lain cek kebugaran tubuh, pemeriksaan kesehatan, senam sehat, jalan santai, penyuluhan dan mengkonsumsi buah-buahan untuk pemenuhan gizi. (IMH/ProkopimAT)

X