Bupati Shabela Lepas Pesepeda Profesional Simbolis mulai Berlangsungnya Event ITdL 2022

189

Takengon – Bupati Drs Shabela Abubakar beserta seluruh jajaran Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah, melepas dengan resmi peserta Internasional Tour de Lut Tawar tahun 2022, etape pertama, dari Dermaga Pante menye Tepian Danau Lut Tawar Kecamatan Bintang, pada Jum’at (28/10/2022).

Pada Even pertama ini mengambil nama icon Aceh Tengah yaitu Danau Lut Tawar, karena danau ini sangat berpengaruh terhadap banyak segi kehidupan Aceh Tengah dan beberapa Kabupaten lainnya.

Dengan even ini diharapkan banyak manfaat yang didapat, bukan hanya memperkenalkan olahraga profesional ini, tetapi juga peningkatan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup, khususnya Danau Laut Tawar dan aliran Krueng Peusangan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Aceh Tengah, sesaat sebelum melepas para atlet profesional pada event yang merupakan ajang balapan khusus pesepeda profesional, bukan gowes yang pesertanya dari kalangan umum tersebut.

“Selamat berkompetisi kepada para peserta. Nikmati beragam spot destinasi di sepanjang rute tepian Danau Lut Tawar hingga objek-objek destinasi lain di sepanjang jalan hingga finis akhir di Lapangan Hasan Gayo Belang Bebangka Pegasing, tentunya dengan panorama hamparan hijau dan pemandangan khas pegunungan yang indah,” Ujar Bupati Aceh Tengah.

Sebagaimana diketahui, Tour de Lut Tawar 2022 merupakan salah satu event internasional yang telah didaftarkan dalam event internasional dan ajang balap sepeda ini akan masuk ke dalam kalender di Union Cycliste Internationale (International Cycling Union) atau disingkat UCI pada tahun-tahun mendatang.

Pada etape pertama difokuskan di sepanjang tepian Danau Lut Tawar Aceh Tengah, pada tanggal 28 Oktober 2022, etape kedua 29 Oktober 2022 akan mengambil tema etape kopi dimana peserta akan melewati rute sepanjang hamparan perkebunan Kopi milik petani setempat dan pada etape ketiga 30 Oktober 2023, atau terakhir yaitu etape leuser yang akan menyuguhkan rute hutan pinus di sepanjang race yang dilalui.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para peserta. Sampaikan berbagai kesan baik yang didapatkan selama kegiatan ini kepada dunia, bahwa Aceh Tengah memiliki destinasi wisata yang menarik, ragam destinasi dan budaya sebagai tujuan wisata halal dunia,” Himbau Bupati kepada para atlit Profesional yang ikut serta dalam ajang tersebut.

Untuk diketahui Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, tahun ini merintis ajang sebagai event balap sepeda profesional pertama di Aceh yang diberi tajuk, Internasional Tour De Lut Tawar (ITdL), dan bertepatan dengan 28 Oktober 2022, rangkaian event iTdL resmi diawali, bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, sebagai simbol semakin, bangkit, maju dan berkaryanya para tokoh muda Gayo Aceh Tengah.

Even ini mengambil nama icon Aceh Tengah yaitu Danau Lut Tawar, karena danau ini sangat berpengaruh terhadap banyak segi kehidupan Aceh Tengah dan beberapa Kabupaten lainnya. Dengan even ini diharapkan banyak manfaat yang didapat, bukan hanya memperkenalkan olahraga balap sepeda profesional, tetapi juga peningkatan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup, serta seluruh sektor pendukung Pariwisata di Dataran Tinggi Tanah Gayo Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X