Bupati Shabela Pastikan Kesiapan Personil dan Perlengkapan Penanganan Bencana

259

Takengon – Bentuk Sinergitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah dengan Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Aceh Tengah, selenggarakan apel siaga gelar pasukan dan gelar peralatan antisipasi penanganan bencana alam di Kabupaten Aceh Tengah, berlangsung di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Jum’at (21/10/2022).

Gelar pasukan diikuti oleh jajaran Pimpinan Daerah atau yang mewakili, jajaran Polri, TNI, Kepala OPD, Personil dari Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar BPBD, TRC BPBD, Dinas Sosial/Tagana, BASARNAS, Dinas Perhubungan, dan juga Satpol PP.

Membuka Sambutanya, selaku Pembina Apel Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar mengucapkan,terima kasih kepada Kepolisian Negara RI Daerah Aceh, Resor Aceh Tengah dan jajaran yang menginisiasi terlaksananya apel siaga gelar pasukan dan gelar peralatan antisipasi penanganan bencana alam di Kabupaten Aceh Tengah tahun 2022.

“Selaku pimpinan daerah, kami menilai apel yang dilaksanakan pada hari ini sangat penting dilaksanakan secara berkelanjutan, dikarenakan Daerah Kabupaten Aceh Tengah umumnya merupakan daerah rawan bencana seperti, tanah longsor, banjir, gempa bumi, banjir bandang, cuaca ekstrim, dan karhutra dan kebakaran”, Ungkap Bupati

“Terlebih Daerah Kita ini yang memiliki topografi pegunungan, kalau hujan agak deras sedikit saja, banjir dan longsor sudah jadi langganan, sebaliknya, di musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan dan lahan, oleh karena itu apel ini dilaksanakan agar kita siap siaga mengantisipasi beragam potensi kebencanaan tersebut”, Imbuhnya.

Bupati mengatakan, apel gelar pasukan kesiapan penanggulangan bencana ini digelar untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya dan juga untuk menjalin koordinasi atau sinergi dengan seluruh Instansi atau pihak-pihak yang terkait, khususnya yang berhubungan dengan penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

“Kita berharap dengan adanya apel gelar pasukan ini seluruh unsur yang terlibat dalam penanganan bencana bisa lebih terkoordinir dan lebih jelas peranannya masing-masing,” Jelas Bupati Shabela.

Dia menambahkan, apel kesiapsiagaan penanganan bencana alam merupakan langkah awal yang tepat, dan strategi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan petugas maupun masyarakat dalam menghadapi potensi kerawanan bencana alam, Tentunya, semuanya harus menyikapi secara sungguh-sungguh dan siap siaga, waspada, dan antisipasi sedini mungkin kejadian bencana di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

“Mengakhiri apel ini, Kami berpesan kepada seluruh stakeholder agar bisa menggerakkan segala upaya dalam hal pencegahan dan penanggulangan alam. Baik itu Pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, terutama partisipasi dari segenap Masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah”, Tandasnya.

Selesai apel gelar kesiapan penanggulangan bencana Bupati Shabela Abubakar di dampingi jajaran Forkopimda langsung melakukan pemeriksaan kesiapan personel maupun kendaraan dan alat pendukung lainnya dalam menghadapi bencana alam di Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X