Bupati Shabela Terima Kunjungan Kakansar Basarnas Aceh

307

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar menerima kunjungan Silaturahmi jajaran Basarnas Aceh dan Aceh Tengah, di kediaman Dinasnya, Pendopo Bupati Aceh Tengah, Rabu (16/11/2022).

Kunjungan kerja sekaligus silaturahmi antara jajaran Basarnas Aceh dan Aceh Tengah dengan Bupati Shabela Abubakar itu untuk koordinasi terkait Tanah yang diperuntukkan untuk Pos Basarnas di Aceh Tengah serta akan diserahkan nya seperangkat Sea Rider Rib dari pihak Basarnas Aceh.

Sea Rider Rib sendiri adalah salah satu jenis kapal taktis yang dirancang untuk mampu beroperasi di perairan termasuk di perairan pedalaman, seperti Danau dan sungai dengan fungsi utama sebagai kapal patrol cepat (Fast Patrol Boat) maupun sebagai pangangkut personel penyelamatan dan pencarian apabila terjadi bencana.

Rib atau Rigit inflatable Boat, memiliki Daya apung dan stabilitas yg bagus, boat ini biasanya digunakan untuk keperluan kecepatan yang tinggi. Boat ini biasanya digunakan untuk Kebutuhan Rescue, Patroli, Crew, dll, Ungkap Kakansar Aceh, Ibnu Harris Al-Hussain, S.Si, pada Bupati Shabela.

Diharapkannya, apabila Pos SAR Aceh Tengah telah menyiagakan sea rider, sangat memudahkan untuk mempercepat penanganan bila terjadi resiko kecelakaan di seputaran Danau Lut Tawar yang merupakan lokasi wisata yang acap kali dipadati pengunjung.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Aceh Tengah mengatakan, kunjungan pihak Basarnas Aceh terkait untuk membahas Tanah hibah untuk Pos Basarnas di Aceh Tengah, dan adanya bantuan dari pihak Basarnas Aceh untuk menyerahkan Bot Patroli dan untuk penyelamatan.

Bupati menyebutkan, dengan adanya Pos Basarnas yang dilengkapi bot ini nantinya ketika terjadi musibah atau bencana di Danau Lut Tawar akan cepat ditangani.

“Sebagaimana disampaikan Kakansar Aceh tadi, Kami selaku pimpinan daerah mendukung sepenuhnya, terutama memang daerah kita ini daerah kunjungan dan kita sadari resiko bencana kecelakaan di Danau ini memang masih sering terjadi.” Ulasnya.

Kedatangan Kakansar Aceh, Ibnu Harris Al-Hussain, S.Si, turut di dampingi oleh, Bustami Amri, Koordinator Pos Siaga SAR Takengon, Julianto Perwakilan Satgas SAR Bener Meriah, serta Rais Fansuri dan Eko Muhammad Fadli keduanya merupakan staff Rescue Basarnas.

Kakansar Aceh Ibnu Harris Al-Hussain menyatakan rasa syukur atas dukungan Pemkab Aceh Tengah, ia berharap dengan adanya sinyal dukungan ini, akan memudahkan Basarnas dalam menjalankan tugas search and rescue di Aceh Tengah, Ujarnya. (HMA/ProkopimAT)

X