Bupati Shabela Terima Silaturahmi dan Kunker Kajati Aceh

213

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar didampingi Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si terima silaturahmi dan kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Bambang Bachtiar, SH, MH didampingi Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Aceh bertempat di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Selasa (29/11/2022) malam.

Tiba di Pendopo, Kajati beserta rombongan disambut dengan tari Munalo dilanjutkan dengan sematan kain khas Gayo yaitu Opoh Ulen-Ulen, dan sesaat kemudian secara adat prosesi tepung tawar sebagai simbol Kajati Aceh dan rombongan menjadi warga kehormatan di Aceh Tengah.

Turut hadir pada acara tersebut Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, sejumlah anggota DPRK Aceh Tengah dan Bener Meriah, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, para Kabag, para Camat di lingkungan Aceh Tengah, para ketua organisasi wanita Aceh Tengah serta tamu undangan lainnya.

Bupati Aceh Tengah usai menjamu makan malam segenap rombongan, dalam sambutan selamat datangnya mengaku bahagia dan merasa terhormat karena dalam kesempatan tersebut, masyarakat Kabupaten Aceh Tengah dapat bertatap muka secara langsung dengan Bapak Kajati Aceh.

Bupati Shabela melanjutkan dengan memberikan sejumlah data-data tentang Aceh Tengah.

“Aceh Tengah memiliki luas wilayah sekitar 4.318,39 km bujur sangkar, terdiri dari 14 Kecamatan, 20 kemukiman, 295 kampung, dengan jumlah penduduk sesuai laporan demografi pada semester pertama tahun 2022 sejumlah 219.744 jiwa”, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan, Aceh Tengah masyarakatnya heterogen namun bisa menjaga perdamaian.

“Penduduk di sini beragam, dengan dihuni oleh etnis Gayo sebagai suku mayoritas, Aceh, Jawa, Minangkabau, Sunda, Tapanuli, etnis Tionghoa dan masih ada beberapa etnis lainnya, yang mendiami daerah ini mampu hidup berdampingan serta terus menjaga keharmonisan dan kedamaian”, kata Shabela.

Dilanjutkannya, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan dukungan Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat, terus berusaha dan berkomitmen untuk memelihara dan menjaga kedamaian yang telah tercipta dengan baik dan mendukung setiap program kejaksaan Negeri dalam usaha memberikan kesadaran dan kepastian Hukum bagi Masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Kajati Aceh Bambang Bachtiar, SH, MH, mengaku mengunjungi kembali Aceh Tengah serasa bernostalgia dengan segala kelebihan yang ada di Kabupaten berhawa sejuk ini.

“Saya sebelum ini sudah sekitar 5 kali mengunjungi Aceh Tengah dan merasa ingin terus kembali ke sini, bahkan saya turut mempromosikan Takengon kepada rekan-rekan kami pada beberapa kesempatan karena menurut saya Takengon sudah menjadi tempat wisata terbaik di Aceh saat ini”, ungkap Kajati yang menjabat sejak 7 Maret 2022 tersebut.

Dilanjutkannya, terkait hukum atas permasalahan-permasalahan yang dialami, Kejaksaan siap memberikan pendampingan hukum.

“Kami ini berkewajiban untuk melakukan pendampingan hukum, bantuan hukum apabila ada gugatan silahkan manfaatkan secara maksimal. Ada bidang kami yang mengurusi masalah-masalah itu kemudian kalau misalkan ada keraguan dalam mengambil keputusan, bisa meminta pendapat hukum kepada Kasi yang ada di Kejari maupun kepada Asisten”, jelas Bambang Bachtiar.

Usai sambutan, rangkaian acara tersebut ditutup dengan saling tukar cinderamata antara Bupati Aceh Tengah dan Pj. Bener Meriah dengan Kajati Aceh. (KS/ProkopimAT)

X