Bupati Shabela Tinjau Progres Pembukaan Akses Jalan Ke Lokasi TPA Kuyun

156

Takengon – Usai menghadiri acara pelantikan dan pengangkatan sumpah Mukim Celala, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, Sabtu (27/02) sore, menyempatkan diri meninjau perkembangan pekerjaan pembukaan akses jalan menuju areal Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah yang berlokasi di Kampung Kuyun Lah Kecamatan Celala.

Bupati Shabela yang hadir bersama kepala Bappeda dan Camat Celala tersebut, tampak puas karena progres pembukaan akses jalan menuju titik lokasi TPA telah menunjukan kemajuan yang berarti dan sesuai harapan.

Dikatakan Bupati Shabela, pekerjaan pembukaan akses jalan ini dapat dilakukan berkat dukungan para kepala SKPK dijajarannya yang mengumpulkan uang secara swadaya guna mendukung program penanganan sampah di Kabupaten Aceh Tengah.

“Alhamdulillah, pembukaan akses jalan ini telah memenuhi harapan kita. Ini semua tidak terlepas dari keseriusan Reje Kuyun Lah dan dukungan Kepala SKPK yang mengumpulkan dana secara swadaya” ujar Shabela.

Bupati menjelaskan, bahwa dengan adanya akses jalan ini akan mendukung percepatan penggunaan TPA di Daerah ini, serta akan menjadi bahan kajian dalam mendukung RTRW dan penetapan kawasan oleh pemerintah atasan.

“Karena untuk menjadikan suatu kawasan sebagai TPS atau TPA perlu penetapan status kawasan dan diketahui oleh pemerintah atasan” kata Shabela lebih lanjut.

Shabela merasa optimis, dengan hadirnya TPA di kawasan ini permasalahan sampah di Kabupaten Aceh Tengah akan segera mendapatkan solusi terbaik, apalagi TPA yang akan ditetapkan ini berorientasi kepada pemanfaatan sampah secara ekonomis dan dapat menjadi objek wisata edukasi pengolahan sampah.

“Saya yakin sekali, kehadiran TPA ini dapat menjadi solusi buat kita dan memberi manfaat bagi BUMDes Kuyun Lah untuk menghasilkan pendapatan dari pengolahan sampah” harapnya.

“Apalagi disini pemandangannya juga indah, tentu saja sangat mendukung edu wisata yang juga diprogramkan oleh Reje Kuyun Lah” tutup Shabela. (IMH/Humas)