Bupati Terima Kunjungan Silaturrahmi “Doktor Baru” dari STAIN Gajah Putih Takengon

134

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar menerima kunjungan sejumlah dosen dari STAIN Gajah Putih Takengon yang baru saja menyelesaikan pendidikan doktoral (S3) pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan beberapa waktu lalu, dalam jamuan makan malam di Pendopo Bupati, Rabu (19/02).

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua I STAIN Gajah Putih Takengon, Dr. Almusanna, MA menyampaikan bahwa kehadiran rombongan disamping silaturahmi, adalah untuk menyampaikan pencapaian atas program pengembangan kualifikasi pendidikan bagi dosen STAIN Gajah Putih Takengon yang telah dilakukan selama beberapa tahun kebelakang.

Dr. Almusanna, MA mengemukakan bahwa pada saat-saat awal penegerian STAIN Gajah Putih Takengon, jumlah tenaga pengajar dengan kualifikasi pendidikan S3 sangat sedikit atau hanya berjumlah 7 orang saja, sehingga sangat berpengaruh terhadap akreditasi dan penambahan program studi apalagi untuk menjalankan program pasca sarjana. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah percepatan, diantaranya dengan cara mengirimkan sejumlah dosen untuk melanjutkan pendidikan program doktoral.

“Melihat dan mempertimbangkan kondisi yang ada, pada tahun 2017 STAIN Gajah Putih Takengon melakukan kerjasama dengan beberapa kampus terkemuka, salah satunya dengan UIN Sumatera Utara dalam hal kerjasama Pendidikan Doktoral, yang kebetulan pada saat itu Kementerian Agama juga sedang mencanangkan Program 5000 Doktor. Dan Alhamdulillah diawal tahun 2020, berkat doa dan dukungan dari Bapak Bupati dari 13 orang yang kami kirimkan mengikuti program itu, 12 orang telah berhasil menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar doktor yang malam ini hadir untuk kami perkenalkan kepada Bapak”, tambahnya sambil memperkenalkan rombongan satu persatu.

“Dengan lulusnya kedua belas orang dosen ini, maka saat ini jumlah dosen kami yang berpendidikan Doktor menjadi 27 orang, dan kita juga masih menunggu 17 orang dosen lagi yang saat ini sedang mengikuti pendidikan doktoral baik di dalam negeri maupun di luar negeri’, demikian urainya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas kunjungan ini, karena semakin bertambah putra-putri Gayo yang mengenyam pendidikan tinggi dan bergelar doktor, serta atas nama pemerintah daerah sangat mendukung setiap upaya-upaya dalam pengembangan Kampus STAIN Gajah Putih Takengon semaksimal mungkin.

Dalam pertemuan ini, Bupati menaruh harapan kepada dosen-dosen yang baru memperoleh gelar doktor ini agar dapat menjadi “pencerah” ditengah-tengah masyarakat, agar masyarakat lebih memahami dan tidak terpapar aliran yang sesat serta pendangkalan akidah.

Bupati juga menyampaikan bahwa, dalam rangka pengembangan kualitas SDM masyarakat Gayo sebagaimana Visi dan Misi yang ditetapkan, beliau telah menjajaki kemungkinan kerjasama dengan beberapa Universitas dalam hal peningkatan pendidikan bagi putra dan putri terbaik dari Kabupaten Aceh Tengah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya program magister dan program doktoral.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam periode kepemimpinan ini memiliki prioritas utama dalam bidang pendidikan seperti pemberantasan buta huruf, wajib belajar sembilan tahun, dan pengembangan sekolah berbasis pendidikan karakter. Sekarang kita sedang merintis sekolah yang berorientasi mampu menghasilkan siswa-siswi yang memiliki keterpaduan keilmuan dan keimanan, punya kemampuan pariwisata dan berkeahlian’, ungkapnya.

Sebelum menutup pembicaraannya, Bupati Shabela berpesan “Ingatkan pemerintah jangan bosan-bosan, kami sangat terbuka akan kritik dan saran, dan semua akan kami jadikan sebagai motivasi untuk membangun Aceh Tengah yang lebih baik’, tutupnya.

Adapun dosen STAIN Gajah Putih Takengon yang berhasil memperoleh Gelar Doktor melalui Program Kerjasama dengan UIN Sumatera Utara adalah :
1. Dr. Ika Hartika, SE. Ak., MA (Program Studi Ekonomi Islam)
2. Dr. Rosdaniah, MA (Program Studi Ekonomi Islam)
3. Dr. Evanirosa, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
4. Dr. Asdiana, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
5. Dr. Ismet Nur, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
6. Dr. Abidah, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
7. Dr. Ihsan Harun, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
8. Dr. Indra, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
9. Dr. Hamdan, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
10. Dr. Ramsah Ali, M.A. (Program Studi Pendidikan Islam)
11. Dr. Ramadan, MA (Program Studi Pendidikan Islam)
12. Dr. Saifullah, M.Pd (Program Studi Pendidikan Islam)

(IMH/humas)