Cegah Penularan Covid, Ketua TP-PKK Minta Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Pakai Masker

42

Takengon – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna meminta masyarakat meningkatkan kesadaran memakai masker melalui Sosialisasi Gerakan bersama memakai masker (Gebrak Masker) sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Penggunaan masker dibutuhkan agar masyarakat waspada dan tidak meremehkan pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Hal tersebut disampaikan Ketua TP-PKK saat turun langsung dalam kegiatan Sosialisasi Gebrak Masker yang melibatkan Generasi Milenial dari Genre, Fataga dan PIK Aceh Tengah di bawah binaan Dinas KBP3A Kabupaten Aceh Tengah yang berlangsung Di kawasan komplek Pasar Paya Ilang, dan rute Jalan Lapangan Sangamara hingga berakhir di Terminal Lama Jalan HM Hasan Gayo Takengon, Selasa (15/09/2020).

“Mudah-mudahan gerakan memakai masker dengan melibatkan generasi muda sebagai rule model ini dapat menambah kesadaran khususnya ditengah para remaja kita dan bagi masyarakat Aceh Tengah pada umumnya” kata Puan Ratna.

“Saya juga menghimbau masyarakat untuk lebih disiplin, tidak menganggap remeh Covid-19 ini, serta kepada Win dan Ipak Duta Masker yang telah dikukuhkan agar terus mengedukasi dan mensosialisasikan kedisiplinan penggunaan masker ini, agar kita terhindar dari penularan covid -19” ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK mengingatkan bahwa Covid-19 bisa tertular kepada siapun juga yang lalai terhadap protokol kesehatan, termasuk bagi yang tidak disiplin dalam memakai masker.

Oleh karena itu, istri Bupati Aceh Tengah ini menyampaikan, dengan kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, maka akan menurunkan tingkat penularan Covid-19.

“Covid-19 bisa tertular kepada siapa saja, jadi patuhi dan tingkatkan protokol kesehatan, lebih baik mencegah dari pada mengobati” tegas Puan Ratna lagi.

Adapun kegiatan Gebrak Masker yang di laksanakan Oleh TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu bukti nyata keseriusan dalam mendukung program Gerakan Bersama Memakai Masker Aceh (GEMA) yang digalakkan oleh Pemerintah Aceh, Pembagian masker kepada masyarakat ini sebelumnya telah rutin pula dilaksanakan sejak awal pandemi Covid-19 merebak di Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua TP-PKK mengatakan, selain membagikan masker tersebut TP-PKK juga mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masayakat akan pentingnya penggunaan masker sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Tetap mematuhi Protokol kesehatan dengan mengingat 4 M
1. Menjaga kebersihan
2. Mencuci Tangan
3. Memakai Masker
4. Menjaga jarak dan jauhi keramaian.

Pada kegiatan yang digagas TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah tersebut juga turut serta diikuti oleh Kasatpol PP WH dan Linmas Aceh Tengah, Kepala Dinas KBP3A Aceh Tengah serta Anggota Humas Setdakab Aceh Tengah. (HMA/Humas)