Cegah Penyakit Hepatitis, ASN Aceh Tengah di Skrining

72

Takengon – Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kesehatan (Nakes) di lingkungan Pemkab Aceh Tengah melakukan skrining (deteksi dini) pencegahan penyakit hepatitis B dan C.

ASN terlihat memeriksakan diri di Op Room Setdakab sejak pagi Jum’at (23/8/2019). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Tengah dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia (HHS) ke-X dan HUT ke-74 RI.

Sekedar diketahui, penyakit hepatitis merupakan penyakit menular yang harus diwaspadai, karenanya perlu dilakukan pencegahan dini.

Dikatakan Bupati Shabela Abubakar hadir membuka kegiatan, pencegahan dan antisipasi jenis penyakit ini harus diawali dari tenaga kesehatan dan ASN.

“Karena yang langsung kontak dengan masyarakat adalah tenaga kesehatan maupun ASN dalam memberikan pelayanan publik,” sebut Shabela.

Petugas kesehatan harus terus memberi sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan hepatitis, agar target deteksi dini penyakit tersebut dapat tercapai.

Angka stunting di daerah itu juga terbilang tinggi, namun Shabela yakin dalam dua tahun stunting di Aceh Tengah akan tuntas.

“Kita harapkan tahun 2021 tidak ada lagi stunting,” sebutnya.

Usai memberi sambutan, Shabela terlihat turut memeriksakan kesehatan sebelum meninggalkan lokasi kegiatan. [Dian/Mik]