Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Aceh Tengah Dirikan Empat Posko Pemantau di Perbatasan

21

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui gugus tugas mendirikan 4 (empat) posko di wilayah perbatasan kabupaten Aceh Tengah untuk mengatasi penyebaran virus Corona atau Covid – 19.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPBD Aceh Tengah, Ishak selaku Ketua Gugus Tugas dalam rapat koordinasi penanganan penyebaran virus Covid-19 di ruang kerja Bupati Aceh Tengah, Selasa ( 24/03/2020).

“Lokasi pos pemantauan atau pendataan masyarakat yang masuk atau datang ke Aceh Tengah adalah di wilayah perbatasan Kabupaten Aceh Tengah yaitu kawasan Simpil Kecamatan Linge, Pondok Balek Kecamatan Ketol, Paya Kolak Kecamatan Celala dan Pos Bukit Sama Kecamatan Kebayakan” sebut Ishak.

Hal ini merupakan tindak lanjut arahan Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar yang memerintahkan gugus tugas untuk mengawasi kedatangan di jalur masuk dan keluar Aceh Tengah. Selain itu Bupati juga telah memerintahkan para camat untuk memantau pendatang di wilayah masing-masing.

“Kami sudah mengeluarkan surat kepada para Camat untuk bersama-sama dengan puskesmas dan para reje di wilayah masing-masing, memantau pendatang dan penduduk yang baru datang dari luar daerah agar tidak beraktifitas di luar rumah dan menghindari keramaian selama 14 (empat belas) hari ke depan” kata Shabela.

Pada kesempatan tersebut Shabela juga menyampaikan pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan penularan COVID-19 di semua lini serta melibatkan semua pihak.

Dalam waktu dekat pihaknya dan instansi terkait akan melaksanakan penyemprotan disinfektan di beberapa sarana publik dan menyiapkan hand sanitizer.

Shabela juga mengharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran virus ini.

“Kami meminta masyarakat agar mematuhi seruan dan imbauan yang telah disampaikan pemerintah, sehingga masyarakat juga dapat berperan mengurangi penyebaran-penyebaran virus ini” demikian Shabela. (Ozi/Humas)