“Cegah Stunting Itu Penting” Ujar Bupati Shabela

238

Takengon – Kabupaten Aceh Tengah teleh berkomitmen untuk mencegah dan menurunkan prevalensi stunting sejak tahun 2018 dan telah banyak prestasi yang diperoleh dalam pelaksanaan konvergensi percepatan stunting sejak tahun 2019 hingga tahun 2021, antara lain juara 1 pada penilaian kinerja tahun 2019 sampai dengan tahun 2020.

Prestasi dalam pelaksanaan program beriringan dengan capaian prevalensi stunting yang menurun sampaikan ke angka 6,46% pada pengukuran bulan juni tahun 2022, atau sudah berada dibawah target Nasional sebensar 14% pada tahun 2024.

Demikian ungkap Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar, saat membuka secara resmi gelaran Pelatihan penguatan kapasitas Tim percepatan penurunan Stunting
Kabupaten Aceh Tengah, yang berlangsung di Gedung Op Room Setdakab Aceh Tengah, Kamis (17/11/2022).

Lebih lanjut disampaikan Bupati, bahwa stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa dan daerah.

“Hal ini dikarenakan anak stunting, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil) saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya, yang akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif”, Ulas Bupati Shabela Abubakar yang tampak didampingi, Asisten Administrasi Umum Setdakab, Sukirman, S.STP., M.Ec.Dev.

Untuk itu pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tengah berharap keseriusan semua pihak dapat terlibat aktif dan bekerjasama dalam program dan kegiatan penanganan stunting di Kabupaten Aceh Tengah.

“Kepada Tim percepatan penurunan stunting (TPPS) Kabupaten Aceh Tengah kami berpesan lakukan yang terbaik demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan terbebasnya generasi muda Aceh Tengah dari Stunting”, Tandas Bupati Shabela.

Pada Pelatihan penguatan kapasitas Tim percepatan penurunan Stunting Kabupaten Aceh Tengah kali ini, turut menjadi peserta acara tersebut antara lain, Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah. Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Aceh Tengah, Persit Kartika Chandra Kirana Kabupaten Aceh Tengah, Bhayangkari Kabupaten Aceh Tengah, Adhyaksa Dharmakarini Kabupaten Aceh Tengah, Dharmayukti Karini Kabupaten Aceh Tengah, Para Camat se Kabupaten Aceh Tengah, Para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Aceh Tengah, serta segenap Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Aceh Tengah.

Selanjutnya dilanjutkan dengan acara berbentuk panel dan diskusi dengan pemateri diantaranya, Kepala Dinas KBPPPA Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, dan juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X