Curah Hujan Tinggi, Pj. Bupati Pantau Kondisi Banjir Genangan

334

Takengon – Aceh Tengah Diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras. Hal tersebut menyebabkan luapan air yang cukup tinggi menggenangi beberapa ruas jalan di Kota Takengon.

Pj. Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, meninjau langsung beberapa titik ruas jalan yang tergenang, di seputaran Kota Takengon, Sabtu (21/1/2023).

Diungkapkan nya, walaupun di guyur hujan besar, tetapi bila didukung oleh sistem drainase yang baik menurutnya genangan air bisa diperkecil dan kemungkinan terjadinya banjir juga bisa diminimalisir.

“Seperti yang kita lihat di jalan Lebe Kader ini outlet sangat sedikit, kurang besar, kemudian jaraknya juga terlalu berjauhan, sehingga waktu kosentrasi air dari lahan menuju saluran itu terlalu lama dengan debit air yang sangat besar,” Ulasnya.

“Kami meninjau beberapa lokasi yang terjadi penyumbatan drainase yang menyebabkan luapan air ke permukaan jalan, mari kita bersinergi baik Pemda, Masyatakat dan unsur terkait lainnya untuk menuntaskan masalah ini demi kemajuan Kabupaten Aceh Tengah”, Ujarnya.

Selain itu sepertinya ada pendangkalan drainase akibat menumpuknya sampah. Ia berharap ke depan sampah-sampah yang berasal dari ketidakdisiplinan masyarakat dalam membuang sampah itu bisa dibersihkan.

“Tadi kami juga melihat tidak adanya tong sampah yang mudah ditemui di sejumlah lokasi publik, hal ini juga berpengaruh, maka ke depan perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus karena dukungan masyarakat juga sangat penting untuk mengurangi dampak banjir genangan ini,” Ungkapnya.

Saluran drainase merupakan salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan dalam memenuhi salah satu persyaratan teknis prasarana jalan. Saluran drainase jalan raya berfungsi untuk mengalirkan air yang dapat mengganggu pengguna jalan sehingga badan jalan tetap kering.

Pada umumnya saluran drainase jalan raya merupakan saluran terbuka dengan menggunakan gaya gravitasi untuk mengalirkan air menuju outlet. Distribusi aliran dalam saluran drainase menuju outlet ini mengikuti kontur jalan raya, sehingga air permukaan akan lebih mudah mengalir secara gravitasi. (HMA/ProkopimAT)

X